Tri Astutik, Desy and Kuntarto, Eko and Hayati, Suci (2021) Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover,Pernyataan,Abstrak,Kata Pengantar,Daftar Isi,Daftar Tabel,Daftar Gambar,Daftar Lampiran.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (19kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam membaca permulaan pada siswa kelas II di SDN 172/X Lambur II. Penelitian ini dilakukan di SDN 172/X Lambur II pada Januari-Februari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan tes mengenai kesulitan membaca permulaan siswa kelas II sekolah dasar. pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas II. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan pertama reduksi data, tahapan kedua penyajian data, dan tahapan ketiga verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas II. Melalui data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan membaca permulaan siswa kelas II yaitu : siswa tidak mengenal huruf, kesulitan membedakan huruf, siswa tidak bisa membaca kata, penghilangan huruf, tidak memperhatikan tanda baca, dan kesulitan mengenali tanda baca. Faktor penghambat siswa kesulitan membaca permulaan yaitu : kurangnya minat belajar siswa, siswa tidak bersekolah di Taman Kanak-kanak, dan keluarga yang kurang memberikan dukungan belajar. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu kesulitan membaca permulaan siswa kelas II sangat beragam. Mulai dari siswa tidak mengenal huruf, kesulitan membedakan huruf, siswa tidak bisa membaca kata, penghilangan huruf, tidak memperhatikan tanda baca, dan kesulitan mengenali tanda baca. Faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan yaitu kurangnya minat membaca, pendidikan pra sekolah, dan dukungan keluarga.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DESY TRI ASTUTIK |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 02:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |