PROBLEMATIK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2020/2021

Tri Agustin, Sarli and maryono, maryono and Budiono, Hendra (2021) PROBLEMATIK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_SARLI TRI AGUSTIN_A1D117214.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER 1.pdf

Download (18kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (338kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematik pada perencanaan, problematik pada pelaksanaan, dan problematik pada evaluasi pembelajaran di sekolah dasar tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 181/IX Berkah Kecamatan Sungai Bahar pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini mendeskripsikan secara mendalam tentang problematik pembelajaran di sekolah dasar dengan melakukan pengamatan (observasi) dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematik pembelajaran di sekolah dasar tahun ajaran 2020/2021 yaitu terdiri dari: 1) Perencanaan Pembelajaran, disini terdapat problematik dalam mempersiapkan dan menyusun RPP yang sesuai dengan kurikulum dan sistem pembelajaran saat ini, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, terdapat problematik dalam penyampaian materi, terbatasnya kuota dan jaringan internet, 3) Evaluasi Pembelajaran, terdapat problematik dalam penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013, penilaian tugas harian, penilaian hasil akhir peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada kepala sekolah dapat memfasilitator serta membimbing guru. Disarankan kepada guru untuk membuat pembelajaran yang HOTS, menggunakan pedoman yang sudah ditetapkan dan menggunakan strategi dan media dalam pembelajaran supaya materi dapat sepenuhnya tersampaikan kepada peserta didik. Serta disarankan kepada dinas pendidikan untuk memberikan bantuan kuota internet bagi guru dan peserta didik agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SARLI TRI AGUSTIN
Date Deposited: 26 Jul 2021 06:58
Last Modified: 26 Jul 2021 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23057

Actions (login required)

View Item View Item