PENERAPAN MODEL PERUBAHAN KONSEPTUAL UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI

Mararengga, Dialola (2021) PENERAPAN MODEL PERUBAHAN KONSEPTUAL UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI DIALOLA GABUNGAN-693.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (187kB)
[img] Text
5. COVER PROPOSAL KE 3.pdf

Download (241kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
G3. BAB I PROPOSAL KE 3.pdf

Download (294kB)
[img] Text
G6. BAB IV PROPOSAL KE 3.pdf

Download (502kB)
[img] Text
G8. DAPUS PROPOSAL KE 3.pdf

Download (331kB)

Abstract

Peserta didik seringkali mengalami kesulitan dalam belajar. kesulitan yang dialami peserta didik dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep peserta didik sehingga dapat menimbulkan terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual di SMANegeri 10 kota jambi. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret sampai dengan april di SMA Negeri 10 Kota Jambi, yaitu pada kelas X IPA 1. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu jenis penelitian pre-experimental design One-Group Pretest-posttest Design dengan metode pengumpulan data, yaitu metode kuantitatif. Pada pengumpulan data kuantitatif peneliti menggunakan tes diagnostik yaitu tes pilihan ganda tiga tingkat (three tier test) menggunakan materi usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukan persentase rata-rata tidak paham konsep peserta didik sebesar 40,71% saat pretes menjadi 9,52% saat posttest. Persentase rata-rata miskonsepsi (false negative) peserta didik sebesar 24,76% saat pretes menjadi 9,76% saat posttest. Persentase rata-rata miskonsepsi (false positive) peserta didik sebesar 24% saat pretes menjadi 13,1% saat posttest. Adapun persentase rata-rata penurunan miskonsepsi peserta didik setelah diterapkan model perubahan konseptual, yaitu: 75,60% untuk tidak paham konsep, 57,84% untuk miskonsepsi (false negative) dan 38,46% untuk miskonsepsi (false positive). Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan dan melakukan remediasi jika terjadi miskonsepsi pada peserta didik

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: DIALOLA GUSTIA MARARENGGA
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:23
Last Modified: 22 Jul 2021 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23932

Actions (login required)

View Item View Item