Pengaruh Pengalaman Konsumen dan Teman Sebaya Terhadap Sikap Konsumen Menggunakan Kartu Provider Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi

Rizki, Mutiara Afrilia (2021) Pengaruh Pengalaman Konsumen dan Teman Sebaya Terhadap Sikap Konsumen Menggunakan Kartu Provider Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB)
[img] Text
Skripsi Rizki Mutiara Afrilia (A1A117009).pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sikap positif konsumen dapat dilihat ketika konsumen cenderung mendekati produk dan menyukai produk tersebut dan dia bertahan dengan produk tersebut, dan sebaliknya sikap negatif konsumen yaitu ketika konsumen menjauhi produk tersebut atau beralih kepada produk lain . Pada konsumen kartu provider mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi angkatan 2017 dan 2018 berdasarkan observasi yang dilakukan ditemukan bahwa adanya sikap yang kurang positif yang terbentuk pada mahasiswa yakni dilihat sebagian besar mahasiswa pernah dan sering berganti/ beralih kepada provider lain hanya sebanyak 21,4% mahasiswa yang bersikap positif dengan tidak beralih kepada provider lain dan tetap bertahan dengan provider yang ia gunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman konsumen dan sikap konsumen terhadap sikap konsumen menggunakan kartu provider pada mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupkan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkata 2017 dan 2018. Tekhnik pengumpulan data menggunakan google form. Tekhnik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitan menunjukan variabel ipengalaman konsumen berpengaruh secara parsial terhadap sikap konsumen hal dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 7,514 > 1,66. Varibael teman sebaya berpengaruh secara persial terhadap sikap konsumen dengan dibuktikan dengan thitung > ttabel atau 3,464, > 1,66. Pengalaman konsumen dan teman sebaya secara simultan berpengaruh terhadap sikap konsumen dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (51,093 > 3,1 ) dan nilai Koefiisien Determinasi (R2) sebesar 0,503 atau 50,3%. Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa Pengalaman Konsumen dan Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen menggunakan kartu provider pada mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Disarankan pada konsumen agar dapat lebih cermat dalam menentukan sikap terhadap suatu produk dengan memperhatikan pengalaman ketika menggunakan provider dan lingkungan sosial sekitar termasuk teman sebaya dalam menentukan sikap dan hendaknya konsumen memiliki informasi yang tinggi serta mengikuti perkembangan pasar agar lebih mengetahui kualitas produk sehingga dapat menentukan sikap pada produk. Kepada produsen disarankan untuk selalu meningkatkan kualitas layanan jasa internetnya agar selalu dapat mempertahankan sikap positif dari konsumen. The positive attitude of the consumer can be seen when the consumer tends to approach the product and likes the product and he persists with the product, and vice versa, the negative attitude of the consumer is when the consumer stays away from the product or switches to another product. On consumer card providers, students of the Economic Education Study Program FKIP Jambi University batch 2017 and 2018 based on observations made it was found that there was a less positive attitude formed in students, namely that most students saw that they had and often changed/switched to other providers, only 21.4% students who have a positive attitude by not switching to other providers and sticking with the provider they use. This study aims to determine the effect of consumer experience and consumer attitudes on consumer attitudes using provider cards on students of the Economics Education Study Program, FKIP Jambi University, either partially or simultaneously. This research is a quantitative approach with ex post facto method. The population in this study were students of the Economic Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, class of 2017 and 2018. Data collection techniques used google form. The data analysis technique used is multiple regression analysis. Based on the results of the research, it shows that the consumer experience variable has a partial effect on consumer attitudes, as evidenced by the value of tcount > ttable or 7.514 > 1.66. Peer variables have a partial effect on consumer attitudes as evidenced by tcount > ttable or 3.464, > 1.66. The experience of consumers and peers simultaneously affects consumer attitudes as evidenced by the value of Fcount > Ftable (51.093 > 3.1 ) and the value of the coefficient of determination (R2) of 0.503 or 50.3%. Based on the results of the research above, it is concluded that the experience of consumers and peers has a positive and significant effect on consumer attitudes using provider cards for students of the Economic Education Study Program, FKIP Jambi University. It is recommended for consumers to be more careful in determining attitudes towards a product by paying attention to experiences when using providers and the surrounding social environment including peers in determining attitudes and consumers should have high information and follow market developments to better know product quality so that they can determine attitudes towards consumers. product. Manufacturers are advised to always improve the quality of their internet services so that they can always maintain a positive attitude from consumers.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sikap Konsumen, Pengalaman Konsumen, Teman Sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: RIZKI MUTIARA AFRILIA
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:40
Last Modified: 23 Jul 2021 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24067

Actions (login required)

View Item View Item