Efektivitas Pembelajaran Daring Diukur Melalui Tingkat Pemahaman Materi Kuliah Strategi Pembelajaran Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkata 2018 Universitas Jambi

Putra, Iwan and Arpizal, Arpizal and Putri, Amelia Kassandra (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring Diukur Melalui Tingkat Pemahaman Materi Kuliah Strategi Pembelajaran Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkata 2018 Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Efektivitas dari setiap sistem baru yang diterapkan perlu diperhatikan agar tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Pembelajaran daring merupakan sesuatu yang baru diterapkan sejak setahun yang lalu di Universitas Jambi tepatnya FKIP Pendidikan Ekonomi dalam rangka upaya memutus rantai Pandemi Covid-19. Yang berbeda dari pembelajaran daring dengan pembelajaran biasa adalah jarak dan waktu. Untuk melihat efektivitas dari pembelajaran daring yang dilaksanakan, peneliti mengukur melalui tingkat pemahaman mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas pembelajaran daring dalam mencapai tujuan pendidikan melalui pemahaman materi kuliah strategi pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 sebanyak 5 orang yang dipilih karena dianggap mampu memberikan data akurat yang dibutuhkan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kepada 5 orang partisipan yang merupakan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018, sebanyak 3 mahasiswa masih berada dibawah tingkat paham materi strategi pembelajaran ekonomi, hanya 2 mahasiswa yang berada pada tingkat paham. Hasil dokumentasi evaluasi sejalan dengan hasil wawancara dan angket, dimana 3 mahasiswa yang berada dibawah tingkat paham tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan maksimal dimulai dari persiapan dan pelaksanaan, bahkan tidak pernah melakukan pengulangan materi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masih kurangnya efektivitas pembelajaran daring berdasarkan pemahaman materi 5 partisipan. Diharapkan kedepannya mahasiswa mampu melaksanakan kemandirian belajar dan kontrol diri, agar efektivitas pembelajaran daring maksimal dan dapat menjadi solusi pendidikan yang memanfaatkan teknologi dimasa mendatang.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Amelia Kassandra Putri
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:40
Last Modified: 23 Jul 2021 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24070

Actions (login required)

View Item View Item