Noviyanti, Putri Iga (2021) Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning Pada Materi Larutan Penyangga Berbantuan Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI PUTRI IGA NOVIYANTI_F_F.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAPEMBIMBING, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I_PENDAHULUAN.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB V_PENUTUP.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
Abstract
Noviyanti, Putri Iga. 2021. Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning Pada Materi Larutan Penyangga Berbantuan Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengentahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi I: Drs. Fuldiaratman, M.Pd, Pembimbing Skripsi II: Afrida, S.Si.,M.Si Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Zoom Meeting, Berpikir Kritis, Larutan Penyangga Salah satu keterampilan yang dituntut di abad 21 adalah berpikir kritis. Berpikir kritis adalah proses yang dilakukan dengan cara berpikir tentang ide atau gagasan yang berhubungan dengan konsep atau masalah yang ada. Berpikir kritis adalah sebuah keterampilan yang didapatkan melalui proses, bukan merupakan sifat yang diwariskan orang tua kepada anaknya untuk itu perlu adanya upaya untuk mengembangkan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan abad 21 yaitu berpikir kritis siswa adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model PBL berbantuan Zoom Meeting pada materi larutan penyangga dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan jenis pendekatan campuran (Mix Methode) jenis triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru dan siswa serta tes esai. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model Problem Based Learning dilakukan uji korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji korelasi product moment diketahui bahwa keterlaksanaan model Problem Based Learning oleh siswa sebesar 70,85% termasuk kategori baik. Nilai kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 73,52% termasuk kategori baik. Pengujian hipotesis diperoleh tingkat hubungan sebesar 0,85 pada kategori sangat kuat dengan tingkat pengaruh sebesar 72% pada kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksaan model Problem Based Learning berbantuan Zoom Meeting berjalan dengan sangat baik dan terdapat korelasi antara keterlaksanaan model dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA SMAN 11 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | NOVIYANTI |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 02:28 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 02:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |