Yulia, Emy (2021) Pengaruh Penerapan model problem based learning (pbl) berbantuan google meet terhadap literasi sains siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA. S1 thesis, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.
![]() |
Text (full teks)
SKRIPSI Emy Yulia (A1C117064).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) |
Abstract
Karakteristik Kurikulum 2013 menuntut guru profesional, pembelajaran efektif dan menyenangkan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sehingga proses pembelajaran lebih berpusat pada siswa. Satu diantara model pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan literasi sains siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Pada saat ini sistem pembelajaran berlangsung secara daring (dalam jaringan) sehingga dibutuhkan bantuan aplikasi satu diantaranya adalah Google Meet. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Google Meet terhadap literasi sains siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan bentuk Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design, yaitu mengungkap hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan kelompok kontrol disamping kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Google Meet sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan Google Meet. Instrumen penelitian berupa istrumen penilaian literasi sains pada ranah afektif dan psikomotor, pada ranah kognitif digunakan tes esai yang bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata atau uji t. Berdasarkan hasil rata-rata nilai posttest dikelas kontrol diperoleh 65,12 dan pada kelas eksperimen sebesar 69,76. Setelah dilakukan analisis data dengan uji Liliefors diketahui bahwa Lhitung < Ltabel sehingga data berdistribusi normal, uji selanjutnya uji Fisher diketahui Fhitung<Ftabel yaitu 1,8068 < 1,8608 maka data homogen. Hasil uji t dengan taraf nyata α = 0,05 yang diperoleh pada data hasil tes esai thitung > ttabel yaitu 2,4211 > 1,6715 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Google Meet terhadap literasi sains siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA di SMAN 11 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Emy Yulia |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 03:17 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |