efrianti, efrianti (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Penerapan E-lematika Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle Dengan Model Problem Based Instruction Pada Materi Barisan Kelas XI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
Skripsi Efrianti_A1C217047.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN EFRIANTI.pdf Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada penerapan E-lematika Active-Flipped Classroom berbasis Moodle dengan model Problem Based Instruction pada materi barisan di kelas XI. Dalam penelitian ini, untuk memecahkan masalah yang mengikuti langkah-langkah Menurut Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 orang yang diambil dari kelas XI MIPA 1, yaitu siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah dikategorikan kurang sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap memahami masalah, subjek dapat memahami masalah namun tidak menuliskan secara lengkap informasi yang ada pada lembar jawaban menunjukkan persentasi sebanyak 37,5%, pada tahap menyusun rencana, subjek mampu menuliskan rencana penyelesaian menggunakan rumus yang tepat menunjukkan persentasi sebanyak 87,5%, pada tahap melaksanakan rencana, subjek mampu menuliskan penyelesaian soal yang diberikan sesuai dengan rumus yang tepat menunjukkan persentasi 100% dan pada tahap menyimpulkan atau memeriksa kembali jawaban, subjek tidak memeriksa kembali penyelesaian soal dan tidak menuliskan kesimpulan menunjukkan persentasi 12,5%. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru dan siswa untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan pembelajaran E-lematika Active-Flipped Classroom berbasis Moodle dengan model Problem Based Instruction, teknik tes untuk kemampuan pemecahan masalah materi barisan, teknik wawancara untuk mengetahui sejauh mana pemahaman 2 subjek dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil penelitian ini, untuk itu diharapkan kepada peneliti selanjutnya dapat melaksanakan penelitian yang serupa pada materi yang berbeda dan mengukur kemampuan yang berbeda pula, melaksanakan penelitian di kelas atau jenjang pendidikan yang berbeda dan dapat meneliti lebih rinci lagi mengenai tahapan kemampuan pemecahan masalah khususnya tahap memeriksa kembali.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Flipped Classroom, Problem Based Instruction, Barisan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | EFRIANTI |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 03:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 03:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |