ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TIPE PISA DITINJAU DARI AKTIVITAS METAKOGNITIF

Amalia, Kiki Reski (2021) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TIPE PISA DITINJAU DARI AKTIVITAS METAKOGNITIF. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari metakognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X kelas peminatan matematika SMAN 12 Kota Jambi yang berjumlah 40 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan meliputi: tes kemampuan pemecahan masalah dengan soal tipe PISA, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tes yang telah dilakukan menunjukkan 13 siswa berada pada capaian level 1, 11 siswa berada pada capaian level 2, 3 siswa berada pada capaian level 3, 4 siswa berada pada capaian level 4, 5 siswa berada pada capaian level 5, dan 3 siswa berada pada capaian level 6. Dalam proses literasi matematika, siswa pada capain level 1 dan 2 adalah siswa yang hanya mampu mereproduksi informasi, siswa pada capaian level 2 dan 3 adalah siswa yang mampu menggunakan koneksi dalam membangun gagasan matematika, sementara siswa pada capaian level 5 dan 6 adalah siswa yang mempu melakukan refleksi pada pemecahan masalah. Aktivitas metakognitif siswa yakni awareness, regulasi dan evaluasi, terlihat dalam setiap kompetensi dasar literasi matematika yang ditunjukkan siswa saat melaksanakan proses pemecahan masalah. Kata Kunci : Literasi Matematika, Pemecahan Masalah, Metakognitif

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: KIKI RESKI AMALIA
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:53
Last Modified: 28 Jul 2021 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24859

Actions (login required)

View Item View Item