Milenia, Putri (2021) Pengembangan Modul Elektronik berbasis pendekatan saintifik pada materi ikatan kimia kelas X MIPA. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
Cover .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang memiliki karakteristik materi yang bersifat abstark yang didalmnya terdapat konsep, prinsip, hokum, dan teori kimia serta keterkaitanya dengan kehidupan sheari-hari. Pendekatan sainitifk meruan pendekatan ilmiah yang berlangsung selama proses pembelajaran dengan memalui 5 tahapan sainitifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan modul elektronik berbasis penedekatan sainitifik ini secara spesifik untu membantu siswa dalam menemukan konsep dan apakah modul elektronik berbasis pendekatan sainitifk yang disesain khusus bagi siswa dengan gaya belajar visual pada materi ikatan kimia di kelas X SMA yang dikembangkan layak secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pegembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai oleh gutu yang selanjutnya diujicobakan dalam kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah modul elektronik berbasis pendekatan sainitifk yang telah divalidasi oleh tim ahli yaitu ahli materi dan ahli media dinyatakan layal untuk di ujicobakan. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penialian guru yang berisikan bahwa modul elektronik yang dikembangkan telah sesuai dan layal untuk diujicobakan kepada siswa. Serta mendapatkan respon yang sanagt baik dari siswa dengan gaya belajar visual dengan persentase 89,29% dengan kateogri “Sangat Baik”. Berdasarkan proses pengemabngan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis pendekatan sainitifk ini layak diujicobakan secara teoritis dan praktis sebagai salah satu media pada materi ikatan kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik, Saintifik, Ikatan Kimia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | HUTABARAT |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 03:58 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 03:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |