Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berbasis Modelling Mathematics di Kelas VIII SMP

Rahmawati, Aulia (2021) Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berbasis Modelling Mathematics di Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universutas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN DAN SAMPUL.pdf

Download (217kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
7. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (492kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk instrumen tes kemampuan literasi matematika siswa berbasis modelling mathematics di kelas VIII SMP, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen tes kemampuan literasi matematika siswa berbasis modelling mathematics di kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi ADDIE. Hasil penelitian ini adalah hasil analisis validasi produk yang dilakukan oleh 2 dosen pendidikan matematika yaitu ibu Ranisa Junita, S.Pd., M.Pd. sebagai ahli produk dan bapak Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. sebagai ahli instrumen dan ahli produk.diperoleh persentase 88,2% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba perorangan memperoleh persentase 87,1% dengan kriteria sangat tinggi, dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 77,78% dengan kriteria tinggi dan uji coba kelompok besar memperoleh pesentase 78,4% dengan kriteria tinggi. Adapun kualitas instrumen tes yang ditinjau dari kevalidan butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda adalah sebagai berikut. Pada paket A diperoleh kevalidatan butir soal sangat tinggi pada 8 soal, reliabilitas sangat tinggi yaitu 1,01, tingkat kesukaran memperoleh 3 soal sulit, 3 soal sedang dan 2 soal mudah serta daya pembeda memperoleh 5 soal baik dan 3soal cukup. Sedangakan pada paket B kevalidatan butir soal memperoleh 2 soal sangat tinggi dan 6 soal tinggi, reliabilitas sangat tinggi yaitu 0.99 tingkat kesukaran memperoleh 3 soal sulit, 4 soal sedang dan 1 soal mudah serta daya pembeda memperoleh 2 soal baik, 4 soal cukup dan 2 soal jelek. Adapun untuk soal yang memiliki daya pembeda jelek tetap digunakan karena berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa diperoleh bahwa kebanyakan siswa tidak bisa mengerjakan soal tersebut dikarena tidak pernah menemukan ataupun mengerjakan soal dengan model tersebut. Dengan demikian, instrumen tes kemampuan literasi matematika berbasis modelling mathematics dikelas VIII SMP memenuhi kriteria instrumen tes yang baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: RAHMAWATI
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:40
Last Modified: 23 Aug 2021 03:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25563

Actions (login required)

View Item View Item