Putri, Novita Anggraini (2021) “Pengembangan Instrumen Diagnostik Three-Tier Multiple Choice Untuk Mendeteksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Lingkaran”. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Full_Novita Anggraini Putri_A1C217076_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
cover(2)(1).pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
pengesahan perstjuan.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB 1_Skripsi Novita Anggraini Putri_A1C217076.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB 5_Skripsi Novita Anggraini Putri_A1C217076.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
DAPUS_Skripsi Novita Anggraini Putri_A1C217076.pdf Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan rendahnya hasil belajar matematika materi lingkaran pada peserta didik kelas IX SMP N 14 Kota Jambi. Berdasarkan observasi penyebabnya dikarenakan adanya kesalahan dalam memahami konsep atau miskonsepsi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru di SMP tersebut, diketahui bahwa guru tidak pernah menggunakan tes diagnostik untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait miskonsepsi peserta didik karena terbatasnya instrumen khusus yang dapat mengungkapkan miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen diagnostik three-tier multiple choice untuk mendeteksi miskonsepsi peserta didik pada materi lingkaran dan mendeskripsikan kualitas produk yang memenuhi syarat kriteria tes yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 14 Kota Jambi. Tes diagnostik yang dikembangkan adalah instrumen diagnostik three-tier multiple choice yang terdiri atas soal pilihan ganda, pilihan alasan, dan tingkat keyakinan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dilakukan dapat disimpulkan instrumen diagnostik three-tier multiple choice ini sudah layak digunakan dari hasil validasi tim ahli dan analisis butir soal menghasilkan 14 soal valid dan reliabel. 2) Kualitas instrumen diagnostik three-tier multiple choice didapatkan bahwa sebanyak 14 butir soal yang valid dan 1 butir soal yang tidak valid. Kriteria reliabilitas sebesar 0,863 dengan kategori tinggi. Kriteria praktis, dari hasil validasi tim ahli rata-rata presentase semua aspek sebesar 88,67% dengan kriteria sangat baik dan rata-rata hasil angket respon peserta didik sebesar 85,7% dengan kategori baik. Pengecoh jawaban yang tidak berfungsi sebanyak 5 butir soal dan pengecoh alasan yang tidak berfungsi sebanyak 5 butir soal. Kriteria tingkat kesukaran, 15 butir soal termasuk pada kategori sedang. Kriteria daya pembeda terdapat 3 kategori yaitu 3 butir soal kategori sedang, 8 butir soal kategori baik, dan 4 butir soal kategori sangat baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diagnostik Three-Tier Multiple Choice, Miskonsepsi, Lingkaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 06:50 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 06:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |