Identifikasi Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Sigam Indah Rantau Pandan

Junika, Weni (2021) Identifikasi Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Sigam Indah Rantau Pandan. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi fix _weni junika_A1F117011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

Junika, Weni. 2021. Identifikasi Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Sigam Indah Rantau Pandan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Nyimas Mua’zzomi, S.Ag, M.Pd.I., (2) Dr.Drs. Haryanto. M.Kes., Kata Kunci : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Paud Sigam Indah Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah adalah usaha dalam membuat siswa, guru, dan masyarakat dalam berperan untuk menerapkan secara aktif perilaku hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan sekolah yang sehat. Untuk menerapkan hidup bersih dan sehat di sekolah mulai dari hal kecil seperti berpakain rapi dan bersih ke sekolah, memotong kuku dalam satu minggu sekali, sampah dibuang sesuai dengan tempatnya, tangan dicuci memakai sabun menggunakan air yang mengalir sebelum dan sesudah makan dengan air bersih, mengajarkan anak untuk sarapan pagi sebelum berangkat kesekolah dan membawa bekal yang bergizi dan sehat, seperti sayur dan buah. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan perilaku hidup bersih dan sehat 2) untuk mengetahui bagimana perilaku anak dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat 3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 3 guru dan 25 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, obseravsi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yaitu : 1) Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah sudah berjalan dengan baik, ini dapat dilihat dari pendidik mengajarkan anak tentang mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan kuku, menjaga kebersihan rambut yang panjang bagi anak laki- laki, menerapkan toilet training pada anak dan toilet yang digunakan selalu dibersihkan, serta mengajarkan anak untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dalam penerapan perilaku hidup dan sehat pada anak ini guru dengan sabar membimbing dan mengawasi anak yang belum mampu memahami apa yang diperintahkan guru. 2) Perilaku anak dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat juga sudah baik, anak mampu mempraktikkan apa yang diperintahkan guru, meskipun masih ada beberapa anak yang membutuhkan bimbingan dari guru. 3) Kendala yang dihadapi yaitu ada beberapa anak yang masih kurangnya kesadaran dalam berperilaku hidup bersih dan sehat, hal ini disebabkan karena kebiasaan anak dirumah dengan kebiasaan anak disekolah berbeda, jadi anak yang tidak diajarkan berperilaku hidup bersih dan sehat dirumah tentunya disekolah anak terbiasa membawa kebiasaan dirumah kesekolah. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia 5-6 tahun di Paud Sigam Indah Rantau Pandan sudah diterapkan dengan baik oleh guru dan perilaku anak dalam penerapannya juga sudah baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Junika
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:44
Last Modified: 16 Sep 2021 03:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26003

Actions (login required)

View Item View Item