ANALISI EFEKTIFVITAS MODEL BLENDED LEARNING SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 11 MUARO JAMBI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

LARA, LARA (2021) ANALISI EFEKTIFVITAS MODEL BLENDED LEARNING SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 11 MUARO JAMBI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf

Download (302kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 guru dituntut professional, pembelajaran efektif dan menyenangkan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat menyesuaikan dengan keadaaan Covid-19 membuat pembelajaran dilakukan secara daring dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat efektivitas model blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara daring pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 2. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model Blended Learning oleh guru, lembar lembar observasi pelaksanaan model Blended Learning oleh siswa serta tes essay untuk mengamati hasil belajar siswa. Untuk melihat kolerasi antara pelaksanaan model Blended Learning dengan tes essay siswa dilakukan uji korelasi product moment. Presentasi dari pelaksanaan model Blended Learning oleh siswa yaitu 74,514%, sedangkan untuk kolerasi antara pelaksanaan model Blended Learning dengan hasil belajar siswa diperoleh rxy = 0,586 dengan tingkat kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis efektifitas model Blended Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi larutan penyangga berjalan dengan baik dan terdapat korelasi antara kolerasi antara pelaksanaan model Blended Learning dengan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 11 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: LARA
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:44
Last Modified: 20 Sep 2021 07:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26159

Actions (login required)

View Item View Item