PENGEMBANGAN e-LKPD BERBBASIS LEARNING CYCLE 5E BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA

Sihaloho, Oktora Oktaviani (2021) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBBASIS LEARNING CYCLE 5E BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK Sihaloho, Oktora Oktaviani, 2021. Pengembangan e-LKPD Berbasisis Learning Cycle 5E Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia SMA. Skripsi. Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Dra. Zurweni, M. Si. (II) Prof. Dr. rer. nat. MUHAIMIN, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: e-LKPD, Learning Cycle 5E, Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis, Ikatan Kimia. Materi ikatan kimia merupakan materi yang memiliki konsep yang bersifat submikroskopik dan kompleks karena mempelajari tentang pembentukan ikatan suatu unsur yang cukup sulit untuk dipahami siswa. Pembelajaran kimia tidak hanya dilakukan dengan menghafal teori dan konsep saja tetapi dalam proses pembelajaran juga menuntut kemampuan berpikir kritis peserta didik. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut diperlukan inovasi dalam pembelajaran berupa pengembangan media pembelajaran dalam bentuk e-LKPD. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahuai cara mengembangkan e-LKPD berbasis Learning Cycle 5E dengan menggunakan model pengembangan. Mengetahui penilaian guru dan respon peserta didik berdasarkan hasil penilaian respon guru mata pelajaran terhadap media yang dikembangkan, serta mengetahui dampak dari media pembelajaran yang berorientasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini meruapakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Hannafin and Peck yang terdiri dari 3 tahapan yaitu analisis kebutuhan (need analysis),desain (design), dan pengembangan/implementasi. Intrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara, angket kebutuhan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kulitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi dan media terhadap media pembelajaran e-LKPD berbasis Learning Cycle 5E pada materi ikatan kimia memberikan kriteria “sangat baik”dan dinyatakan layak untuk diuji cobakan. Kemudian dari hasil penilaian guru mata pelajaran kimi memperoleh kategori sangat baik. Dan berdasarkan respon peserta didik terhadap e-LKPD berbasis Learning Cycle 5E memperoleh kategori sangat baik dengan persentase 91,6%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-LKPD berbasis Learning Cycle 5E berorientasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik untuk materi ikatan kimia sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dan direspon dengan baik oleh siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SIHALOHO
Date Deposited: 23 Sep 2021 06:59
Last Modified: 23 Sep 2021 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26254

Actions (login required)

View Item View Item