Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Bantuan Edmodo terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa SMA

Tohiri, Dhiya Millatika (2021) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Bantuan Edmodo terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (472kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Problem solving merupakan salah satu kemampuan siswa yang perlu dilatih. Pada hasil observasi nilai ulangan siswa SMAN 11 Muaro Jambi diketahui hanya sebanyak 54% siswa mampu mencapai nilai baik. Salah satu upayanya yaitu pembelajaran dengan bantuan edmodo, pemanfaatan Edmodo membantu guru dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat digunakan agar berpengaruh terhadap kemampuan problem solving siswa adalah model pembelajaran Project Based Learning. Berhasil tidaknya mencapai tujuan pembelajaran banyak bergantung selama proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu bagaimana pengaruh implementasi model Project Based Learning dengan bantuan Edmodo terhadap kemampuan Problem Solving siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi. Rancangan yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Designs. Subjek penelitian berjumlah 53 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t test dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signiikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. kemampuan Problem Solving siswa dilihat dari nilai pretest dan posttest. Untuk kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata 83,33. Sedangkan pada kelas kontrol l diperoleh nilai rata-rata 73,. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini didapat thitung = 3,19 dan ttabel = -1,67, sehingga dapat diketahui nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 0,05. Merujuk pada hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dengan bantuan Edmodo berpengaruh terhadap kemampuan Problem Solving siswa. Adapun saran dalam penelitian ini diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dengan bantuan Edmodo dalam proses pembelajaran Biologi dan penelitian eksperimen ini hanya dilakukan pada materi Perubahan Lingkungan, diharapkan adanya penelitian lanjutan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Edmodo, Problem Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Tohiri
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:00
Last Modified: 22 Sep 2021 04:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26352

Actions (login required)

View Item View Item