Putri, Dita Ayu (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Jambi. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.
![]() |
Text
SKRIPSI DITA AYU PUTRI_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
New Doc 2021-09-23 122814.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
Abstract
ABSTRAK Dita Ayu Putri, 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Asradi, M.M. (II) Affan Yusra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kejenuhan Belajar Skripsi ini dilatar belakangi dengan fenomena pada saat ini dimana teknologi yang semakin canggih, merambah ke berbagai segi kehidupan salah satunya pada dunia pendidikan. Pada bidang pendidikan yang biasanya dilakukan dengan proses belajar tatap muka sekarang beralih dengan metode daring atau PJJ (pembelajaran jarak jauh). Dikarenakan adanya wabah covid-19 yang tidak memungkinkan untuk melakukan proses belajar tatap muka. Sehubungan dengan proses pembelajaran daring ini banyak siswa yang merasa bosan dan jenuh karena banyaknya tugas yang diberikan oleh guru tanpa ada pendalaman materi secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kualitas pembelajaran daring, (2) Mendeskripsikan tingkat kejenuhan belajar siswa, (3) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian expost-facto. Populasi dalam penelitian in yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Jambi Tahun ajaran 2020/2021. Sampling penelitian ini menggunakan teknik Simple Random sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa secara daring sesuai dengan kriteria yang berjumlah 74 siswa. Setelah angket terkumpul, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus berdasarkan Kontinum Interval Normatif (KIN) dan regresi linear sederhana menggunakan SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa yang mengalami kejenuhan belajar sebesar 27% dengan frekuensi sebanyak 19 siswa pada klasifikasi tinggi. Pembelajaran daring sebesar 44% dengan frekuensi 33 siswa termasuk dalam klasifikasi sedang. Nilai signifikansi 0,000<0,05 artinya terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar sebanyak 19,2% dalam artian kriteria penafsiran pengaruh yang diberikan cukup kuat. Dari hasil penelitian disarankan agar pihak sekolah dapat mengevaluasi kembali bagaimana pembelajaran daring yang telah dilaksanakan selama ini. Disamping itu para guru perlu memberikan variasi saat melakukan pembelajaran daring ataupun pemberian tugas. Dan pada pembelajaran daring ini guru harus lebih perhatian agar siswa tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 03:01 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 03:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |