PENGEMBANGAN ASSESMENT BIOLOGI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL ( HOTS ) TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS X SMA

LIMBONG, SANJUINO (2021) PENGEMBANGAN ASSESMENT BIOLOGI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL ( HOTS ) TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI SANJUINO LIMBONG2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (203kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan assesment biologi berbasis HOTS terintegrasi pendekatan saintifik untuk siswa SMA, mengetahui kelayakan assessment biologi berbasis HOTS terintegrasi pendekatan saintifik digunakan pada siswa SMA, mengetahui respon guru terhadap assesment biologi berbasis HOTS terintegrasi pendekatan saintifik, dan mengetahui respon siswa terhadap assesment biologi berbasis HOTS terintegrasi pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Data penelitian diambil pada 10 September 2021 dan diperoleh dengan cara memberikan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang siswa, kelompok besar yang terdiri dari 20 orang siswa, 1 orang guru bidang studi biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai instrument penilaian. Hal ini ditunjukkan dari persentase proses validasi Desain dan materi yang dilakukan sebanyak 2 kali terus mengalami peningkatan. Persentase validasi tahap I desain yaitu 68,88 % ‘kategori sangat baik’ dan materi 32,42% dalam kategori “tidak baik”, kemudian mengalami peningkatan pada tahap II desain yaitu 77,77% dan materi 80% dalam kategori “ sangat baik”. Hasil penilaian oleh 1 orang guru bidang studi biologi dengan persentase 78,18% dalam kategori “sangat baik”. Ujicoba siswa dalam kelompok kecil mendapatkan persentase 80,68% dalam kategori “ angat baik” dan ujicoba siswa dalam kelompok besar mendapatkan persentase 80,90% dalam kategori 'sangat baik".

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LIMBONG
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:06
Last Modified: 27 Sep 2021 02:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26637

Actions (login required)

View Item View Item