PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD BERBASIS TPACK PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

janah, Nur (2021) PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD BERBASIS TPACK PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (106kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Proses pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan dasar matematis yang harus dikuasai oleh peserta didik sekolah menengah. Dalam pemecahan masalah, peserta didik dituntut memiliki kemampuan menciptakan gagasan-gagasan atau cara-cara baru berkenaan dengan permasalahan yang dihadapinya. Terutama, jika masalah tersebut perlu memiliki visualisasi bentuk-bentuk geometri seperti materi garis dan sudut. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang inovatif untuk dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian pengembangan RPP dan LKPD berbasis TPACK pada materi garis dan sudut ini bertujuan untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model pembelajaran discovery learning dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan media Whatshapp dan Youtube, menerapkan perangkat tersebut, dan menganalisis keterkaitan antar komponen penyusun TPACK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian sebanyak 20 orang peserta didik kelas VII D MTs Negeri 5 Kota Jambi. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket tanggapan peserta didik, angket tanggapan guru, lembar observasi aktivitas pembelajaran, instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dan instrumen integrasi TPACK untuk guru. Hasil penelitian menunjukan aktivitas pembelajaran online pada pertemuan I 86%, pertemuan II 83%, pertemuan III 75%, pertemuan IV 78%, pertemuan V 66% dan pertemuan VI 74%, keenamnya termasuk pada kategori “baik”. Hasil evaluasi belajar peserta didik rata-rata 67 yang termasuk pada kategori “baik”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa RPP dan LKPD berbasis TPACK yang dikembangkan telah meningkatkan aktivitas pembelajaran peserta didik pada materi garis dan sudut, serta mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci : TPACK, Garis dan Sudut, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Discovery Learning

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurjanah
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:57
Last Modified: 27 Sep 2021 03:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26658

Actions (login required)

View Item View Item