Pratiwi, Camila (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPANKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
1 HALAMAN SAMPUL.docx Download (28kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (25kB) |
![]() |
Text
8 DAFTAR ISI.docx Download (34kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.docx Download (23kB) |
Abstract
ABSTRAK Pratiwi, Camila. 2021. Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapankan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick di SMP Negeri 22 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Sufri, M.Si. (II) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Matematika memiliki kesan yang negatif bagi sebagian peserta didik, karena banyak peserta didik yang lambat memahami mata pelajaran ini dan menganggapnya sulit. Berbagai cara dilakukan oleh seorang guru agar mata pelajaran matematika cepat dipahami oleh peserta didiknya. Seperti penggnaan metode atau pun teknik pembelajaran yang bervariasi dengan tujuan agar lebih mudah diterima oleh peserta didik. Namun cara tersebut kadang tidak berhasil untuk membuat peserta didik dapat cepat memahami pembelajaran sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran dapat terlihat berhasil atau tidak dari hasil belajar peserta didiknya. Menurut Oemar Hamalik (Misyanto, 2016:145) mengatakan “hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti”. Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurang minat belajar siswa, kurangnya motivasi belajar siswa dan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki keadaan tersebut adalah merubah proses pembelajaran yang lebih menekankan pada proses berfikir siswa antara lain model pembelajaran tipe Student Teams Achevement Division (STAD) dan model pembelajaran tipe Talking Stick. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achevement Division (STAD) dan model pembelajaran tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa SMP kleas IX. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 22 Kota Jambi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri, lembar observasi aktivitas guru dan siswa menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achevement Division (STAD) dan model pembelajaran tipe talking stick, dan lembar soal post-test. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achevement Division (STAD) memperoleh nilai rata-rata 81,71 dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick memperoleh nilai rata-rata 71,10. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran tipe Student Teams Achevement Division (STAD) dan model pembelajaran tipe Talking Stick.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PRATIWI |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:26 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26665 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |