Vinandar, Gusnady (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi_FIX_GUSNADY_VINANDAR_2014.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover, Daftar isi, gambar, lampiran.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (627kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Gusnady, Vinandar. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Gugun M. Simatupang, Msi., (II) Khairul Anwar, S.Pd, M.Pd., Kata Kunci: Pengaruh, Komunikasi Matematis, Relasi dan Fungsi. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi yang mengatakan; kemampuan siswa menggunakan simbol matematika serta melakukan operasi matematika belum tepat. Sebagian dari kondisi bermuara pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang kurang terasah dan terlatih. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurang tepatnya strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022 pada materi relasi dan fungsi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi pada Agustus 2021. Data penelitian ini diperoleh dengan cara mengambil nilai ulangan siswa semua populasi, kemudian menentukan Uji normalitas, Uji homogenitas, Uji kesimpulan rata-rata dari populasi. Didapatkan data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, serta memiliki rata-rata yang sama, diambil sampel secara acak/ random didapatkan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan kelas sampel diterapkan model pembelajaran langsung, dilakukan postest terhadap kedua sampel. Setelah hasil posttest didapatkan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus uji-t dengan kriteria pengujian dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen yang diberi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) memperoleh rata-rata posttest 79,34375 dan pada kelas kontrol yang diberi model pembelajaran langsung memperoleh rata-rata posttest 69,28571. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa t_hitung adalah 3,34265 dan t_tabel adalah 1,670, hal ini menunjukkan bahwa t_hitung berada diluar penerimaan H_0. Maka H_0 ditolak dan H_1 diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dengan menolak H_0 dan menerima H_1 berarrti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dipengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Sehingga dapat disimpulakn bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) sebagai variasi strategi pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | VINANDAR |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 07:27 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 07:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |