Ashari, Leny (2021) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Ips Di Sma Negeri 10 Kota Jambi Dimasa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LENY DESI LIANA ASHARI (A1A117049).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (317kB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan salah satu tujuan utama dalam kegiatan pembelajaran, berhasil tidaknya proses pembelajaran dapat dilihat dari tinggi rendahnya hasil belajar, oleh karena itu perlu diketahui dari mana hasil belajar itu datang. Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dimasa pandemi covid-19 masih kurang. Hal tersebut dikarenakan kemandirian belajar siswa masih tergolong rendah dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dimasa pandemi msdih kurang dan beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi dimasa pandemi covid-19, baik secara persial maupun simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X IPS di SMA Negeri 10 Kota Jambi sebanyak 122 siswa. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik proporsional random sampling dengan jumlah sampel 93 responden. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket melalui googel form, sedangkan tehnik analisis data menggunakna analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar. (2) Terdapat pengaruh variabel Internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan variable kemandirian belajar dan Internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa dengan siswa memiliki kesiapan diri dalam setiap pembelajaran, tidak menggantungkan diri terhadap teman dan menggunakan internet sebagai sumber belajar yang efektif dimasa pandemi covid-19 sangat berpengaruh terhadap turun naiknya hasil belajar ekonomi. Oleh karena itu perlu adanya perhatian yang lebih untuk meningkatkan kembali hasil belajar siswa khususnya pada saat pandemi covid-19.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ashari |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:59 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 02:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |