Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding pada Materi Kesetimbangan Kimia serta Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Jambi

Naslikah, Siti (2021) Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding pada Materi Kesetimbangan Kimia serta Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB V1.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (74kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (534kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang terdiri dari beberapa aspek yaitu kepekaan (sensitivity), kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Satu di antara model pembelajaran yang dapat membantu siswa aktif dan inovatif adalah model Problem Based Learning dengan ditambahkan bantuan Scaffolding yang diberikan kepada siswa dalam bentuk bimbingan, pengarahan, penguatan, dan motivasi. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini bertujuan untuk dapat mengetahui (1) pelaksanaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding pada materi kesetimbangan kimia; (2) pengaruh dari pelaksanaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding terhadap berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar observasi penerapan model oleh guru dan siswa, lembar observasi keterampilan berpikir kreatif, angket penilaian diri, serta tes essay. Teknik analisa data kualitatif pada data ini mendeskripsikan secara naratif bagaimana guru menerapkan model dalam pembelajaran dan teknik analisa kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment pearson dan uji-t. Pelaksanaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding oleh guru dan siswa dikategorikan baik, yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil pelaksanaan model pembelajaran oleh siswa disetiap pertemuan dengan rata-rata sebesar 65,02% dengan kategori baik. Pelaksanaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding dan korelasinya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dikategorikan sedang dengan rxy = 0,59. Uji signifikansi dilakukan dengan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel (4,289 > 2,032) dengan dk = 34 dan taraf nyata α = 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding dikategorikan baik dan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: NASLIKAH
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:39
Last Modified: 14 Oct 2021 02:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27061

Actions (login required)

View Item View Item