STRATEGI GURU DALAM MENGATASI MISKONSEPSI MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR

Rachim, Syahbilah and Hariandi, Ahmad and Noviyanti, Silvi (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI MISKONSEPSI MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full Syahbilah Rachim A1D11724.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Pengesahan-dikonversi.pdf

Download (379kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4. bab i.pdf

Download (281kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)

Abstract

Rachim, Syahbilah. 2021. Strategi Guru Dalam Mengatasi Miskonsepsi Muatan Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Ahmad Hariandi, S.Pd. M.Ag (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Miskonsepsi, Pembelajaran Jarak Jauh Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengatasi siswa yang Miskonsepsi Conceptual Misunderstandings (pemahaman konseptual salah) pada Pembelajaran Jarak Jauh pada kelas VA Sekolah Dasar di Sekolah Dasar Negeri 005 Sagulung Kota Batam. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 005 Sagulung Kota Batam Pada Maret 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ialah Wali Kelas VA. Hasil penelitian menunjukan banyak siswa yang mengalami Conceptual Misunderstandings (pemahaman konseptual salah) pada materi pecahan pada pembelajaran Matematika. Conceptual Misunderstandings pada materi pecahan terjadi pada siswa yang kurang mampu membedakan perkalian yang bisa mengkalikan penyebut dengan penyebut atau pembilang dengan pembilang dan siswa sering menganggap penjumlahan dan pengurangan tidak perlu menyamakan penyebut dahulu menggunakan FPB, selain itu siswa juga kurang teliti dalam menyederhanakan hasil hitungan pecahan. strategi guru dalam mengatasi Miskonsepsi Conceptual Misunderstandings dengan cara membuat video yang berisikan langkah-langkah menyelesaikan soal pecahan secara perlahan dan seksama agar siswa dapat memahami dengan mudah apa yang guru jelaskan, selain itu siswa bisa mengulang kembali video hingga siswa paham. Dengan strategi ini diharapkan akan mengurangi Miskonsepsi Conceptual Misunderstandings yang terjadi pada siswa saat pembelajaran jarak jauh dimana pada saat ini guru tidak bisa menjelaskan pembelajaran secara langsung dengan cara bertatap muka. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru untuk mengatasi Miskonsepsi pada siswa dilakukan dengan 3 tahapan yaitu perencanaan guru sebelum memulai pembelajaran, pelaksanaan strategi yang akan digunakan dalam proses pembelajaran serta evaluasi terhadap strategi yang digunakan. Setelah melakukan tahapan tersebut guru akan memperbaiki dan berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik lagi agar dapat mengurangi terjadinya Miskonsepsi Conceptual Misunderstandings pada pembelajaran jarak jauh.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Rachim
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:16
Last Modified: 21 Oct 2021 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27173

Actions (login required)

View Item View Item