Febrianti, Anggi (2021) Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.
![]() |
Text
SKRIPSI ANGGI FEBRIANTI (A1A217033) PRODI PENDIDIKAN SEJARAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
halaman prstujuan anggi.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
Febrianti, Anggi. 2021. Penguatan Pendidikan Karakter MelaluiPembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tanjung Jabung Timur: Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd, Pembimbing (II) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Nilai Penguatan Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah Semakin berkembangnya IPTEKdapat menimbulkan pengaruh globalisasi yang menyebabkan kualitas nilai pendidikan karakter di Indonesia mengalami perubahan dari tahun ke tahun, sehingga kualitas nilai pada pendidikan karakter di Indonesia perlu adanya perbaikan. Pada tahun 2017 pemerintah menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter dengan lima nilai utama yaitu religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas. PPK menuntut sinergi tiga pusat pendidikanya itu sekolah, keluarga dan masyarakat. Program Penguatan Pendidikan Karakter dapat diintegrasikan melalui pembelajaran Sejarah. Dengan terintegrasinya melalui pembelajaran Sejarah ini diharapkan tidak hanya menanamkan pengetahuan namun juga proses penanaman karakter pada siswa, seperti yang dilakukan di SMAN 4 Tanjung Jabung Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tanjung Jabung Timur dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, serta hambatan dan solusi dalam penerapan penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara,angket dan dokumentasi.Teknik analisis data meliputi pengumpulan data,mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tanjung Jabung Timur telah terlaksana dengan baik. Dari hasil Angket, menunjukkan tingkat penguatan pendidikan karakter pada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tanjung Jabung Timur yaitu 76,6% dengan kriteria (baik). Kemudian guru sejarah telah menerapkan dan menanamkan 5 nilai utama PPK melalui pembelajaran Sejarah pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 5 nilai penguatan pendidikan karakter telah tertanam dalam diri siswa kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tanjung Jabung Timur.Dalam penerapannya melalui pembelajaran sejarah dari perencanaan, pelaksanaan, dan evalusi telah terlaksana secara keseluruhan dengan baik. Namun masih terdapat beberapa hambatan tetapi guru telah memiliki beberapa solusi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | FEBRIANTI |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 02:32 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |