Cahyani, Dwi Ardyah Regita (2021) UJI VALIDITAS ISI MODUL PELATIHAN KONTROL DIRI UNTUK MENGURANGI PEMBELIAN IMPULSIF PADA GENERASI DIGITAL NATIVE. S1 thesis, psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI DWI ARDYAH RC (G1C117026) .pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
Hal. Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
Abstract
Background: Indonesia is ranked first in the world when it comes to online shopping. The digital native generation is the digitally savvy younger generation that encourages them to make impulsive purchases. An impulsive purchase is a purchase without a plan decided directly at the shopping location. Self-control has a negative effect on impulse purchases. This study looked at the validity test of the contents of the self-control module in reducing impulsive purchases in the digital native generation. Method: This study uses descriptive studies with 3D models (define, design, develop). Research data is obtained from three stages, the first stage is a need analysis. The second stage is designing modules. The third stage validates with the validator. Data capture using the Validation Sheet of the Self-Control Training Module and the Impulsive Purchase Scale. Data analysis techniques using Aiken V. Results: Based on Aiken V obtained the results that the Self Control Training module to reduce impulse purchases in The Native Digitial Generation has good content validity with a value of 0.75-0.91. The validation results of the measuring instrument have a range of numbers from 0.50-0.90. Conclusions and advice: Self-control training module content validity test has good content validity, meaning that there is conformity of content or material in each module session with the goal to be achieved. It is hoped that researchers will be able to test this module to the digital native generation to be seen as effective in reducing impulse purchases. Keywords: digital native generation, impulse buying, self-control. Latar Belakang: Indonesia merupakan peringkat pertama dunia dalam hal berbelanja online. Generasi digital native adalah generasi muda yang cerdas secara digital yang mendorong mereka melakukan pembelian impulsif. Pembelian impulsif merupakan pembelian tanpa rencana yang diputuskan secara langsung di lokasi belanja. Kontrol diri memiliki efek negatif terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini untuk melihat uji validitas isi modul kontrol diri dalam mengurangi pembelian impulsif pada generasi digital native. Metode: Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan model 3D (define, design, develop). Data penelitian diperoleh dari tiga tahapan yaitu tahapan pertama merupakan analisis kebutuhan. Tahapan kedua merancang modul. Tahapan ketiga melakukan validasi bersama validator. Pengambilan data menggunakan Lembar Validasi Modul Pelatihan kontrol diri dan Skala Pembelian Impulsif. Teknik Analisis data menggunakan Aiken V. Hasil: Berdasarkan Aiken V diperoleh hasil bahwa modul Pelatihan Kontrol diri untuk mengurangi pembelian impulsif pada Generasi Digitial Native memiliki validitas isi yang baik dengan nilai 0,75-0,91. Hasil validasi alat ukur memiliki rentang angka dari 0,50-0,90. Kesimpulan dan Saran: Uji Validitas Isi modul Pelatihan Kontrol diri memiliki validitas isi yang baik, artinya terdapat kesesuaian isi atau materi dalam tiap sesi modul dengan tujuan yang hendak dicapai. Diharapkan peneliti selanjutnya agar dapat menguji cobakan modul ini ke generasi digital native untuk dilihat efektifitasnya dalam mengurangi pembelian impulsif. Kata Kunci: generasi digital native, pembelian impulsif, Kontrol diri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | Cahyani |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 04:17 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 04:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |