Agustina, Maya (2021) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 13 SAROLANGUN. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
ABSTRAK Keterampilan mengajar guru merupakan jalan berhasilnya suatu proses pendidikan. Seorang guru dituntut untuk menguasai keterampilan mengajar agar dapat meningkatkan minat belajar siswanya. Guru yang mempunyai keterampilan mengajar yang baik dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Suasana yang seperti ini akan mempermudah materi pelajaran masuk dalam fikiran dan pemahaman siswa. Sebaliknya, seorang guru yang tidak mempunyai keterampilan dalam mengajar yang baik, maka minat siswa menjadi kurang, sehingga apabila guru tidak mempunyai keterampilan dalam mengajar maka akan mempengaruhi hasi dari proses pembelajaran siswa. Dari sinilah Persepsi yang timbul dari siswa dapat berbentuk positif maupun negative. Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 13 Sarolangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 13 Sarolangun tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 13 Sarolangun pada Juli 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa kelas XI (sebagai data utama). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh nilai koefisien untuk persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru sebesar 0,539 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dibandingkan 0,05 dengan nilai thitung sebesar 3,790. Diketahui nilai ttabel adalah sebesar 1,68 karena thitung > ttabel dan dituliskan sebagai 3,790 > 1,68. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang menandakan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X) dengan minat belajar sejarah siswa (Y). Besaran pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar sejarah siswa adalah sebesar 29,1% sementara sisanya 70,9 dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 13 Sarolangun karena nilai thitung (3,790) > t tabel (1,68) dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menguasai semua keterampilan dasar mengajar karena semua keterampilan itu saling berhubungan, yang mana dengan dikuasainya keterampilan dasar mengajar dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa. Kata Kunci: Persepsi Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar Sejarah
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AGUSTINA |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 02:45 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 02:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27647 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |