PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018-2019 UNIVERSITAS JAMBI

Gunawan, Indra (2021) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018-2019 UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
cover indra.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Adobe Scan 30 Nov 2021 (3).pdf

Download (370kB)
[img] Text
Adobe Scan 30 Nov 2021 (2).pdf

Download (440kB)
[img] Text
daftar isi indra.pdf

Download (44kB)
[img] Text
bab 1 indra.pdf

Download (198kB)
[img] Text
bab 5 indra.pdf

Download (16kB)
[img] Text
daftar pustaka indra.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Skripsi Indra Gunawan (6).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Gunawan, Indra. 2021. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Media Sosial terhadap Minat Belajar mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018-2019 Universitas Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Arpizal, M.Pd, (II) Hidayatul Arief, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Media Sosial, Minat Belajar Berdasarkan dari pemaparan dan hasil data observasi awal menghasikan kesimpulan bahwa diduga terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya dan media sosial terhadap minat belajar pada mahasiswa ekonomi angkatan 2018 dan 2019 yang mana di buktikan pada hasil observasi dia atas yang mana terdiri dari beberapa indikator kedua variabel x menunjukan bahwa minat belajar yang bervariasi diduga dikarenakan lingkungan teman sebaya yang berbeda-beda dan penggunaan media sosial yang berbeda-beda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) lingkungan teman sebaya terhadap minat belajar, (2) media sosial terhadap minat belajar, (3) lingkungan teman sebaya dan media sosial terhadap minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 163 mahasiswa dari program studi pendidikan ekonomi angkatan 2018 dan 2019 dan Sample sebanyak 116 mahasiswa yang kemudian dijadikan responden dalam penelitian ini. Pengujian analisis menggunakan uji prasyarat analisis, uji asumsi regresi dan uji hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap Minat belajar (2) terdapat pengaruh signifikan terhadap media sosial terhadap Minat belajar (3) terdapat pengaruh signifikan lingkungan teman sebaya dan media sosial secara bersama-sama terhadap Minat belajar. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 42,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan teman sebaya dan media sosial berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi. Dari hasil simpulan disarankan agar mahasiswa menciptakan lingkungan pertemanan yang sehat dan menggunakan media sosial dengan baik dan bijak agar dapat meningkatkan minat belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: gunawan
Date Deposited: 01 Dec 2021 06:41
Last Modified: 01 Dec 2021 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28052

Actions (login required)

View Item View Item