Anggraini, Debby (2021) Dukungan Sosial Orang Tua dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying di SMP Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, Univesitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI Debby Anggraini Jilid Keras.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER,KATA PENGANTAR,ABSTRAK,DAFTAR ISI,DAFTAR TABEL,DAFTAR LAMPIRAN,DAFTAR GAMBAR.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
Abstract
Fenomena bullying merupakan masalah yang cukup krusial bagi dunia pendidikan, karena kasus ini terjadi hampir di setiap satuan pendidikan dan membawa dampak yang sangat membekas bagi pelaku dan yang lebih terlihat yaitu pada korban bullying itu sendiri, seperti menurunnya kepercayaan diri anak, menarik diri dari lingkungan sosial, rendahnya minat belajar, dan yang lebih membahayakan lagi yaitu depresi bahkan ingin mengakhiri hidup. Siswa yang menjadi korban bullying sangat memerlukan dukungan dari lingkungan di sekitarnya atau lingkungan sosialnya baik orang tua, guru, dan teman sebaya. Akan tetapi yang paling utama adalah dukungan dari orangtua, karena keluarga merupakan lingkungan pertama dimana anak memerlukan kebutuhan kasih sayang, serta perlindungan. Dukungan sosial dari orang tua sangat dibutuhkan bagi siswa yang mengalami permasalahan bullying guna membangun kembali rasa percaya diri pada siswa setelah menjadi korban bullying. Maka dari permasalahan tersebut menjadi dasar tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan bentuk dukungan sosial orang tua dalam membangun kepercayaan diri siswa korban bullying dari aspek dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasional dan dukungan persahabatan (2) Mendeskripsikan dampak dari dukungan sosial orang tua bagi kepercayaan diri siswa korban bullying. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan atau metode studi kasus, Partisipan dalam penelitian ini adalah 3 orang wali siswa yang memiliki anak yang duduk di kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi yang pernah menjadi korban bullying di sekolah dan tiga orang siswa yang pernah menjadi korban bullying. Informan dalam penelitian ini adalah orang orang disekitar anak seperti guru BK, wali kelas, serta teman siswa tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekinik observasi, wawancara, serta dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skema Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Masing masing orang tua memberikan dukungan sosial yang berbeda beda ditinjau dari aspek dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasional, dan dukungan persahabatan, dampak yang dirasakan oleh masing masing siswa hampir sama terhadap kepercayaan diri siswa korban bullying. Kata Kunci : Dukungan Sosial Orang Tua, Siswa Korban Bullying, Kepercayaan Diri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | ANGGRAINI |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 07:38 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 07:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |