Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Siswa SMP Kelas VIII Berkepribadian Ekstrovert dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Teori Cooney

Paramitha Manik, Eiriskha and Theis, Roseli and Iriani, Dewi (2021) Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Siswa SMP Kelas VIII Berkepribadian Ekstrovert dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Teori Cooney. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (435kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi, siswa juga mengalami kesulitan dalam menjawab soal dalam bentuk soal cerita, karena siswa seringkali mengalami kesulitan untuk memahami apa yang dimaksud oleh soal cerita, dalam mengoreksi jawaban siswa dalam bentuk cerita, diambillah tolak ukur untuk menganalisis serta mengoreksi jawaban siswa yaitu dengan menggunakan teori Cooney. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kesulitan pemahaman konsep siswa ekstrovert kuat dalam menyelesaikan soal cerita materi teorema pythagoras serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa berdasarkan teori Cooney. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Tanjung Jabung Timur yang berkepribadian ekstrovert kuat. Teknik pemilihan subjek pada penelitian ini ialah purposive sampling, di mana pertimbanngan tersebut yaitu siswa berkepribadian ekstrovert kuat. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar tes soal kesulitan pemahaman konsep berdasarkan teori Cooney, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang diteliti oleh peneliti mengalami kesulitan pemahaman konsep berdasarkan teori Cooney yang berbeda. Serta faktor-faktor dominan penyebab subjek mengalami kesulitan dalam belajar disebabkan oleh faktor sosial yang disebabkan oleh lemahnya jaringan internet dan ketidakcukupan kouta internet, faktor emosional disebabkan oleh perasaan tidak senang subjek, faktor intelektual disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan intelektual subjek, dan faktor pedagogis disebabkan oleh sulitnya subjek dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MANIK
Date Deposited: 09 Dec 2021 02:43
Last Modified: 09 Dec 2021 02:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28418

Actions (login required)

View Item View Item