Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Post Enumeration Survey (PES) Pada Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi Dengan Metode PIECES

Permata Sari, Dilla (2021) Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Post Enumeration Survey (PES) Pada Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi Dengan Metode PIECES. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Cover Depan Skripsi.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Skripsi Dilla Permata Sari (F1E116010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (69kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Aplikasi Post Enumeration Survey (PES) merupakan aplikasi berbasis android yang digunakan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menunjang kegiatan survei-survei dan sensus-sensus yang dilakukan oleh BPS. Kegiatan sensus yang menggunakan aplikasi Post Enumeration Survey (PES) ini salah satunya adalah kegiatan sensus penduduk tahun 2020 (SP2020). Mengingat ada banyak sekali sensus dan survei yang dilakukan oleh BPS, maka dari itu perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui apakah aplikasi Post Enumeration Survey (PES) sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan pengguna (petugas PES) dan agar nantinya aplikasi ini dapat digunakan oleh petugas sensus-sensus dan survei-survei lainnya. Evaluasi yang dilakukan adalah dengan mengukur kepuasan pengguna menggunakan framework PIECES. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang disebarkan kepada responden melalui online dengan memanfaatkan Google Form. Adapun teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah nonprobability sampling dan cara pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh (total sampling), dimana yang menjadi sampel adalah seluruh petugas PES SP2020 yang merupakan Mitra BPS Provinsi Jambi yang berjumlah 40 orang. Adapun hasil akhir dari penelitian ini ialah diketahui variabel PIECES yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Post Enumeration Survey (PES) antara lain variabel performance (kinerja sistem), information and data (data dan informasi), economic (ekonomi), efficiency (efisiensi) dan service (pelayanan). Variabel PIECES yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi Post Enumeration Survey (PES) adalah variabel control and security (pengamanan dan pengendalian). Untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi PES, maka berdasarkan temuan pada penelitian ini aplikasi harus lebih ditingkatkan dari segi keamanan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PES, BPS, SP2020, PIECES, SEM-PLS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Sari
Date Deposited: 20 Dec 2021 07:38
Last Modified: 20 Dec 2021 07:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29075

Actions (login required)

View Item View Item