EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIP BASED ARGUMENTATION LEARNING DAN MODIFIKASI FLIP BASED ARGUMENTATION LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON

AGUSTININGSIH, AGUSTININGSIH and Effendi, Haris and Ngatijo, Ngatijo (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIP BASED ARGUMENTATION LEARNING DAN MODIFIKASI FLIP BASED ARGUMENTATION LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (273kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB V REV TESIS.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SIDANG.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (610kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran Flip Based Argumentation Learning (FBAL) merupakan model pembelajaran baru yang mempunyai tujuan khusus untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa dengan 9 langkah pembelajaran. Namun dikarenakan langkah pembelajaran model FBAL terlalu panjang, maka peneliti melakukan modifikasi sintaks model pembelajaran FBAL menjadi 6 sintaks (langkah pembelajaran) untuk menyesuaikan sistem pembelajaran dimasa pandemi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaaan model FBAL dan FBAL Modifikasi dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi senyawa hidrokarbon, untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan argumentasi siswa setelah menggunakan model FBAL dan FBAL Modifikasi pada materi senyawa hidrokarbon, dan apa saja faktor yang mempengaruhi perbedaan kemampuan argumentasi diketiga kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method concurrent embedded. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA SMAN 1 Merangin dengan menggunakan tiga kelas sampel. Sebanyak 93 siswa terpilih sebagai sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara, lembar observasi dan soal tes essay pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperolah nilai N-Gain skor sebesar 0,80 dan 0,81 untuk masing-masing kelas FBAL dan FBAL Modifikasi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model FBAL, dan FBAL Modifikasi efektif dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa, sementara model pembelajaran Flipped Classroom cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa dengan nilai N-Gain skor sebesar 0,71. Kemudian, dari hasil uji ANOVA satu jalur pada nilai posttest diperoleh signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan argumentasi siswa setelah penerapan model FBAL, FBAL Modifikasi, dan FC pada materi senyawa hidrokarbon di SMA Negeri 1 Merangin. Adapun faktor yang mempengaruhi perbedaan kemampuan argumentasi siswa diketiga kelas yaitu pada kelas FBAL dan FBAL Modifikasi memberikan kesempatan lebih besar kepada siswa untuk melatihkan kemampuan argumentasi dibandingkan kelas Flipped Classroom.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AGUSTININGSIH
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:24
Last Modified: 22 Dec 2021 04:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29399

Actions (login required)

View Item View Item