arisma, amini (2021) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA N 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (510kB) |
Abstract
ABSTRAK Model Project Based Learning merupakan salah satu model yang disarankan dan diterapkan dalam pembelajaran kimia pada kurikulum 2013. Model Project Based Learning ini merupakan proyek-proyek yang menghendaki siswa untuk: (1) memecahkan masalah nyata dan isu-isu yang memiliki kepentingan untuk orang lain, (2) secara aktif terlibat dalam pembelajaran dan memilih hal-hal penting selama proyek, (3) menunjukkan secara nyata bahwa mereka telah belajar konsep-konsep kunci dan keterampilan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) yang digunakan adalah jenis Triangulasi Konkuren. Pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning dan hasil belajar siswa dilakukan uji korelasi serta dilakukan uji lanjut berupa uji t. Penggunaan model Project Based Learning oleh guru berdasarkan komentar observer terdapat peningkatan dari pertemuan 1-3 dalam aktifitas mengajar guru yang dapat dilihat dari sintaks model project based learning yang sudah terlaksana dengan baik pada pertemuan ke 3. Penggunaan model Project Based Learning oleh siswa dikategorikan baik, yang ditunjukan dengan peningkatan hasil penggunaan model pembelajaran oleh siswa disetiap pertemuan. Pada pertemuan pertama sebesar 60.65% dengan kategori cukup baik, pada pertemuan kedua sebesar 64.93% dengan kategori baik dan pada pertemuan ketiga sebesar 70.14% dengan kategori baik sehingga didapat rata-ratanya sebesar 65.24% dengan kategori baik. Nilai rxy untu khasil belajar sebesar 0.89 dengan nilai determinasi sebesar 80,04%. dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung>ttabel = 8,354 >1,717. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dikategorikan sangat baik dan berpengaruh sangat kuat pada hasil belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ARISMA |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 06:31 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 06:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |