Pengaruh Penerapan Model Self Regulated Learning dan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa

Andriyani, Emi (2021) Pengaruh Penerapan Model Self Regulated Learning dan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS EMI ANDRIYANI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL EMI ANDRIYANI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan TESIS EMI ANDRIYANI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
ABSTRAK EMI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I TESIS EMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V TESIS EMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TESIS EMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh penerapan model self regulated learning (SRL) dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. 2) Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. 3) interaksi antara model pembelajaran SRL dan discovery learning dengan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Tungkal Ulu. Sampel penelitian terdiri dari atas 32 siswa kelas eksperimen I, 32 siswa kelas eksperimen II, dan 32 siswa pada kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan soal tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah teknik anova dua arah. Hasil penelitian menunjukan : 1) Penerapan model SRL dan Discovery Learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. 2) Kepercayaan diri siswa mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif. 3) Terdapat interaksi antara model SRL dan Discovery learning dengan kepercayaan diri dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis. Kata kunci : Self Regulated Learning, Discovery learning, dan Kepercayaan Diri

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Andriyani
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:28
Last Modified: 27 Dec 2021 07:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29632

Actions (login required)

View Item View Item