Darwansyah, Aldi and Yantoro, Yantoro and Sholeh, Muhammad (2021) KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DI MASA PANDEMI MELALUI PENGEMBANGAN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI ALDI DARWANSYAH A1D118027.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (564kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (473kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kepemimpinan manajerial kepala sekolah mewujudkan sekolah unggul di masa pandemi melalui pengembangan hubungan sekolah dan masyarakat di SD Negeri 211/IX Mendalo Darat. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keterampilan manajerial kepala sekolah tentang 1). Perencanaan hubungan sekolah dan masyarakat, 2). Pengorganisasian guru dan masyarakat dalam menjalin hubungan sekolah dan masyarakat, 3). Pelaksanaan hubungan sekolah dan masyarakat di masa pandemi, dan 4). Pengawasan serta tindak lanjut kepala sekolah dalam hubungan sekolah dan masyarakat dalam mewujudkan sekolah unggul di masa pandemi. Metode yang digunakan peneliti untuk penelitian ini adalah observasi, studi dokumentasi dan wawancara yaitu dengan cara mengumpulkan data melalui pengamatan, pustaka dokumen kegiatan hubungan sekolah dan masyarakat serta peneliti memperoleh data melalui wawancara tanya jawab dengan kepala sekolah sebagai subjek penelitian. Penelitian menunjukkan hasil kepemimpinan manajerial kepala sekolah dapat mengembangkan hubungan sekolah dan masyarakat dengan keterampilan dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan melakukan pengawasan. Hal ini meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pencapaian program sekolah walaupun tengah di masa pandemi. Pelaksanaannya berupa pertemuan dan musyawarah secara daring dengan tokoh masyarakat di lingkungan sekolah, selain itu kepala sekolah membangun kerja sama dengan lembaga dan instansi yang ada di sekitar sekolah. Selain itu dengan hubungan sekolah dan masyarakat yang meningkat memberikan dampak baik pada sekolah dengan orang tua yang terlibat dalam pengelolaan sekolah dan menciptakan program kerja baru melalui kegiatan sharing dengan orang tua dalam rangka mewujudkan sekolah unggul di masa pandemi. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah keterampilan manajerial kepala sekolah dalam mengembangkan hubungan sekolah dan masyarakat sangat berpengaruh terhadap terwujudnya sekolah unggul di masa pandemi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DARWANSYAH |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 03:41 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |