DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN IPA DIMASA PANDEMI

Herdyansyah, Dwi Eko and Chan, Faizal and Budiono, Hendra (2021) DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN IPA DIMASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_Dwi Eko Herdyansyah_A1D118009 fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover eko.pdf

Download (11kB)
[img] Text
pengesahan eko.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif sebagai sarana belajar mandiri pada pembelajaran IPA dimasa pandemi covid-19 di sekolah dasar dan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan multimedia interaktif sebagai sarana belajar mandiri pada pembelajaran IPA dimasa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Penelitian berupa pengembangan multimedia interaktif sebagai sarana belajar mandiri pada pembelajaran IPA dimasa pandemi covid-19 di kelas sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SDN 55/I Sridadi. Data Penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi media dan validasi bahasa. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon guru dan respon siswa untuk melihat kepraktisan multimedia interaktif yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata sebesar 4,1 dengan kategori valid, penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata sebesar 4,8 dengan kategori produk sangat valid serta penilaian dari ahli bahasa mendapatkan rata-rata sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid. Penilaian dari respon guru mendapat rata-rata sebesar 4,8 dengan kategori sangat praktis, dan penilaian dari respon siswa pada uji coba perorangan (one by one) mendapat skor rata-rata 4,74 dengan kategori sangat praktis serta penilaian dari penilaian respon siswa pada uji coba kelompok kecil mendapat rata-rata 4,68 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan desain multimedia interaktif sebagai sarana belajar mandiri pada pembelajaran IPA dimasa pandemi covid-19 di sekolah dasar secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Herdyansyah
Date Deposited: 30 Dec 2021 06:55
Last Modified: 30 Dec 2021 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29733

Actions (login required)

View Item View Item