Prantauwati, Kurnia (2021) Pengaruh Lingkungan Belajar dan Minat Belajar di Masa Pandemi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 3 Tungkal Ulu. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (42kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
FULL TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Prantauwati, Kurnia. 2021. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Minat Belajar di Masa Pandemi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 3 Tungkal Ulu, Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Syaiful, M.Pd, (II) Drs. Maison, M.Si.,Ph.D. Kata Kunci : lingkungan belajar, minat belajar, hasil belajar matematika Dalam proses pembelajaran, lingkungan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar dan proses pembelajaran siswa. Keadaan lingkungan belajar di rumah yang kondusif dan nyaman akan menciptakan ketenangan siswa dalam belajar, sehingga siswa akan lebih mudah untuk menguasai materi belajar secara maksimal. Minat adalah suatu sikap yang menetap dalam diri seseorang untuk tertarik pada suatu obyek atau kegiatan yang disertai dengan perasaan senang, adanya perhatian dan keaktifan berbuat tanpa adanya paksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tungkal Ulu sebanyak 4 kelas. Diambil kelas VII C sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket dan tes. Instrumen penelitian dalam bentuk angket untuk variabel lingkungan belajar siswa dan variabel minat belajar sedangkan instrument penelitian dalam bentuk tes untuk variabel hasil belajar matematika. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas, uji daya beda dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji independen dan uji linearitas. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar siswa dengan hasil belajar matematika, diperoleh R = 0,5728 dan persamaan regresi linier Y ̂ = -38,33 + 0,4186 X_1 + 0,9070 X_2. Besar sumbangan relatif X_1 = 35,9591% dan X_2= 64,0409% serta sumbangan efektif X_1 = 11,7994% dan X_2 = 21,0139%. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar (X_2) memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar matematika. ABSTRACT Prantauwati, Kurnia. 2021. The Influence of Learning Environment and Learning Interest in a Pandemic Period on Mathematics Learning Outcomes of Class VII Students of SMP N 3 Tungkal Ulu, Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Syaiful, M.Pd, (II) Drs. Maison, M.Si.,Ph.D Keywords: learning environment, interest in learning, mathematics learning outcomes In the learning process, the environment is a factor that affects learning outcomes and student learning processes. A conducive and comfortable learning environment at home will create peace of mind for students in learning, so that students will find it easier to master the learning material to the fullest. Interest is an attitude that persists in a person to be interested in an object or activity accompanied by feelings of pleasure, attention and activeness in doing without coercion. This study aims to determine whether or not there is a positive and significant influence between the learning environment and interest in learning on mathematics learning outcomes. This type of research is quantitative research. The population in this study are all students of class VII SMP Negeri 3 Tungkal Ulu as many as 4 classes. Class VII C was taken as the research sample class with random sampling technique for the class. Data collection techniques in the form of questionnaires and tests. The research instrument was in the form of a questionnaire for the variable of student learning environment and the variable of interest in learning, while the research instrument was in the form of a test for the variable of mathematics learning outcomes. The research instrument test uses validity test, differential power test and reliability test. The analysis prerequisite test includes normality test, independent test and linearity test. Data analysis for hypothesis testing using product moment correlation analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that there was a positive and significant influence between the learning environment and students' interest in learning mathematics with mathematics learning outcomes, obtained R = 0.5728 and the linear regression equation Y ̂ = -38,33 + 0,4186 X_1 + 0,9070 X_2. The relative contribution of X_1 = 35,9591% and X_2= 64,0409% and the effective contribution of X_1 = 11,7994% and X_2 = 21,0139%. This shows that interest in learning (X_2) has a greater influence on learning outcomes in mathematics.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Belajar, Minat Belajar, Hasil belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PRANTAUWATI |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 06:40 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29974 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |