GURU KUNJUNG PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI

Hakiki, Aprilia (2022) GURU KUNJUNG PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI. S1 thesis, PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.

[img] Text
SKRIPSI APRILIA HAKIKI_FULL..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
HAL.PERSETUJUAN&PENGESAHAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru kunjung pada pembelajaran di sekolah dasar di masa pandemi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Padang Lalang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Jenis penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru kunjung pada pembelajaran di sekolah dasar di masa pandemi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Uji validitas yang digunakan yaitu validitas sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Padang Lalang melaksanakan pembelajaran atap muka berdasarkan Surat Edaran Bupati Musi Rawas tentang izin penyelenggaraan tatap muka pada zona hijau dan kuning di masa pandemi Covid-19 (Kondisi khusus). Kondisi khusus yang dimaksud dalam hal ini pelaksanaan pembelajaran disekolah dalam satu hari hanya dilakukan oleh satu kelas saja untuk melakukan pembelajaran dan kelas lainnya melakukan pembelajaran dari rumah. Mengingat kurangnya fasilitas pendukung untuk melaksanakan pembelajaran daring yang dilakukan dari rumah sulit dilakukan. Oleh sebab itu di sekolah SDN Padang Lalang menerapkan guru kunjung pada pembelajaran di sekolah dasar di masa pandemi. Adapun pelaksanaan ini terdapat 3 tahapan yaitu: a) Tahap persiapan, pada tahap ini dilakukan pembagian kelompok, pembagian jadwal, penginformasian akan dilakukan guru kunjung. b) Tahap Pelaksanaan, pada tahap ini guru akan melakukan kunjungan sesuai dengan jadwal dan menyampaikan materi pembelajaran. Serta guru akan memberikan tugas untuk dikerjakan peserta didik dirumah dan akan dikumpulkan dipertemuan berikutnya. c) Tahap Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran, pada tahap ini kepala sekolah selalu memantau kegiatan pembelajaran melalui guru kunjung dengan cara mengunjungi kerumah siswa dengan melihat dari jauh proses pembelajaran melalui guru kunjung yang dilakukan oleh guru. Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan bahwa pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 dengan melalui guru kunjung yang dilaksanakan berdasarkan kebijakan pemerintah. Adapun pelaksanaan ini terdapat 3 tahapan yaitu: a) Tahap persiapan, b) Tahap Pelaksanaan, c) Tahap Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran. Serta diharapkan bagi guru agar pelaksanaan pembelajaran menggunakan guru kunjung ini pada pembelajaran di sekolah dasar demi memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: HAKIKI
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:07
Last Modified: 10 Jan 2022 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30007

Actions (login required)

View Item View Item