Rafiq, Muhammad (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
TESIS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
M. Rafiq, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Magister Pendidikan Matematika, Pascasarja Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Jefri Marzal, M.Sc.,D.I.T, (II) Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Discovery Learning, Berpikir Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran matematika serta mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media yang dihasilkan dengan pendekatan discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran dengan pendekatan discovery learning. Media ini dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Produk yang dihasilkan telah divalidasi oleh dua validator yang terdiri dari validator uji ahli materi dan validator uji ahli desain pembelajaran dan medi, dan juga sasaran penggguna dari produk ini adalah siswa kelas VIII SMP.jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu produk media pembelajaran yang dikembangkan dengan model ADDIE dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, hal ini berdasarkan hasil analisis data pretest dan posttest peserta didik dengan uji gain sebesar 0,491 dalam kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik sehingga media efektif untuk digunakan oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Discovery Learning, Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | RAFIQ |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:28 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 04:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |