Trikandi, Sonya (2022) pembelajaran bahasa Indonesia materi teks deskripsi berbasis pendekatan MIKiR pada siswa kelas vii smp negeri 30 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
daftar rujukan.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
full skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan(1).pdf Download (375kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Indonesia materi teks deskripsi berbasis pendektan MIKiR di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Proseses pembelajaran teks deskripsi berbasis MIKiR meliputi merancang, pelaksanaan, dan penilain. Penelitian ini dilakukan karena adanya perubahan pada proses pembelajaran, yang dulunya dilakukan secara tatap muka, lalu berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan, dan sekarang sudah menjadi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Perubahan tersebut menuntut pendidik untuk meranang pembelajaran berdasarkan analisis permasalahan dari kegiatan sehari-hari dan menciptkan lingkungan yang menyenangkan. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitati, dengan pendekatan studi kasus (case study research). Data penelitian ini merupakan bahan pembelajaran seperti RPP, Skenario, media, LKPD, dan proses pembelajaran. Sumber data pada penelitian yaitu pendidk dan peserta didik, dokumen pendidik, peristiwa yang terjadi, dan tempat penlitian. Subjek penelitian bersal dari informan yaitu guru dan siswa kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data diambil dari kegiatan analis dokumen, wawancara pendalam ddibantu dengan alat perekam, observasi secara langsung menggunakan lembar observasi. Uji validitas penliti menggunakan traingulasi teori, triangulasi data serta memberheck.Teknik analisis data terdiri dari mengorganisasikan data, membaca dan membuat memo, mendeskripsikan, mengklasiikasi, dam menasirkan data menjadi kode dan tema, serta menyajikan data menjadi tiga tema. Hasil penelitian pembelajaran teks deskripsi pada siswa kelas VII meliputi keegiatan merancang, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Unsur MIKiR singkatan dari mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi. Pada saat merancang guru meletakkan unsur mengalami pada inti kegiatan seperti membaca, melihat video, memberikan pertanyaan pancigan dan mendapatkan LKPD. Unsur Interkasi dapat dirancang pada kegiatan anak berdiskusi, bertanya dan menjawan. Unsur komunikasi dapat dilakukan secara lisan maupun tulisan. Unsur interaksi adanya hubungan timbal balik antara pendidik dan peserta didik. Pada kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai dengan rancangan pembelajaran yang bertujuan agar siswa aktif melaksanakan kegiatan pembelajaran. pada kegiatan penilaian guru menggunakan penilan diagnostik kognitif dan non kognitif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teks deskripsi, pendekatan, MIKiR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Trikandi |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 06:58 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 06:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |