Hutagaol, Jeklin (2022) Pengembangan Handout Elektronik Menggunakan Aplikasi Canva pada Materi Ekosistem Kelas X SMA dalam Pembelajaran Daring. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
cover depan.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Skripsi Jeklin Hutagaol A1C417020.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (410kB) |
Abstract
Pembelajaran daring adalah kegiatan belajar mengajar yang memanfaatkan jaringan agar komunikasi antara pengajar dan siswa dapat terjalin tanpa melibatkan kontak fisik. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran daring adalah kurangnya minat belajar siswa. Media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran daring adalah media yang menarik salah satunya handout elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengembangan Handout elektronik menggunakan aplikasi canva pada materi Ekosistem kelas X SMA untuk pembelajaran, (2) Kelayakan Handout elektronik menggunakan aplikasi canva pada materi Ekosistem kelas X SMA untuk pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah R&D, model pengembangan menggunakan model pengembangan 4D. Media yang dikembangkan adalah handout elektronik pada materi Ekosistem. Uji coba dilakukan di kelas X MIPA 2 SMA N 11 Kota Jambi yang terdiri 6 siswa sebagai kelompok kecil dan 26 siswa sebagai kelompok besar. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi materi dan media, angket persepsi guru dan siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah validasi materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 90%, validasi media sebesar 95%, penilaian guru sebesar 90,83%, hasil uji coba diperoleh hasil persentase rata-rata kelompok kecil sebesar 89,72% dan hasil persentase rata-rata kelompok besar sebesar 90,12 dengan kategori “sangat baik”. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa media pembelajaran handout elektronik pada materi Ekosistem dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran daring. Online learning is a teaching and learning activity that utilizes a network so that communication between teachers and students can be established without involving physical contact. One of the problems in online learning is the lack of interest in student learning. Learning media that can be used to increase student interest in online learning are interesting media, one of which is electronic handouts. This study aims to determine (1) the development of electronic handouts using the Canva application on the Ecosystem material for class X SMA for learning, (2) the feasibility of using an electronic handout using the Canva application on the Ecosystem material for class X SMA for online learning. This type of research is R&D, the development model uses a 4D development model. The developed media is an electronic handout on Ecosystem material. The trial was conducted in class X MIPA 2 SMA N 11 Jambi City which consisted of 6 students as a small group and 26 students as a large group. Data collection instruments in the form of material and media validation sheets, teacher and student perception questionnaires. The results obtained from the study were material validation obtained a feasibility percentage of 90%, media validation was 95%, teacher assessment was 90.83%, the test results obtained an average small group percentage result of 89.72% and the average percentage result the large group average is 90.12 with the "very good" category. The conclusion of the research is that the electronic handout learning media on Ecosystem material is said to be feasible for use in online learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | HUTAGAOL |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:30 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |