Marshelini, Santi (2021) PENGARUH KUALITAS WEBSITE BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI JAMBI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. S1 thesis, Sistem informasi.
![]() |
Text
skripsi full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (237kB) |
Abstract
Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi memiliki fungsi dan bertugas sebagai penyedia kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat terutama data yang terkait dengan Provinsi Jambi. Dalam rangka mempermudah pengguna data dalam mengakses data yang dibutuhkan, maka Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi membangun sebuah website yang dapat diakses oleh pengguna data. Website Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi merupakan aplikasi e-government yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menyampaikan data dan informasi statistik bagi pengguna data. Sebagai sebuah website yang terkait dengan pelayanan terhadap khalayak umum maka perlu dilakukan sebuah penelitian untuk mengetahui apakah website Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi telah mampu memberikan kepuasan kepada pengguna. Penelitian ini menggunakan model WebQual 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kualitas Website Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi terhadap kepuasan pengguna. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh masyarakat Provinsi Jambi yang pernah menggunakan Website Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi untuk keperluan pencarian data. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan teknik snowball sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 125 responden. Penyebaran kuesioner menggunakan Google Form melalui media sosial. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM) dan menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa variabel yang terdiri dari usability,information quality, dan service interaction quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna Website Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi. Variabel information quality memiliki nilai signifikansi tertinggi yang mempengaruhi kepuasan pengguna saat menggunakan Website Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | MARSHELINI |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:00 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |