Febrina, Wahyuni (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Animasi Powtoon pada Materi Monera untuk SMA Kelas X. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI .pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi Powtoon sebagai media pembelajaran pada materi pokok Monera yang layak menurut para ahli serta mengetahui persepsi guru dan siswa kelas X SMA setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (Four-D). Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru mata pelajaran biologi dan siswa X MIA SMA N 2 kota Sungai Penuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan pada lembar wawancara dan perhitungan skor pada angket. Hasil pengembangan ini menunjukan bahwa produk dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak tiga kali dengan skor yang diperoleh 98,43% dan validasi ahli media dilakukan sebanyak tiga kali dengan skor yang diperoleh 87,5% hal ini menunjukan produk sudah termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dari hasil penilaian guru mata pelajaran biologi kelas X diperoleh persentase 91,67% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Serta hasil analisis persepsi siswa menunjukan presentase 82,50% pada kelompok kecil dan kelompok besar didapatkan persentase 84,94% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, animasi Powtoon yang dikembangkan telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Monera. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi Powtoon sebagai media pembelajaran pada materi pokok Monera yang layak menurut para ahli serta mengetahui persepsi guru dan siswa kelas X SMA setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (Four-D). Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru mata pelajaran biologi dan siswa X MIA SMA N 2 kota Sungai Penuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan pada lembar wawancara dan perhitungan skor pada angket. Hasil pengembangan ini menunjukan bahwa produk dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak tiga kali dengan skor yang diperoleh 98,43% dan validasi ahli media dilakukan sebanyak tiga kali dengan skor yang diperoleh 87,5% hal ini menunjukan produk sudah termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dari hasil penilaian guru mata pelajaran biologi kelas X diperoleh persentase 91,67% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Serta hasil analisis persepsi siswa menunjukan presentase 82,50% pada kelompok kecil dan kelompok besar didapatkan persentase 84,94% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, animasi Powtoon yang dikembangkan telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Monera. This research aims to develop Powtoon animation as a medium of learning on monera staples that are proper according to experts as well as knowing the perceptions of teachers and students of grade X high school after using developed learning media. This research is a development research that refers to the 4D (Four-D) development model. The product development results are validated by material experts and media experts, then an assessment is carried out by biology subject teachers and students of X MIA High School N 2 full river city. The data used in this study is qualitative and quantitative data. Data is obtained from the results of analysis conducted on the interview sheet and the calculation of the score on the questionnaire. The results of this development show that the product is declared worthy by material experts and media experts. Expert validation of the material is done three times with a score obtained 98.43% and expert media validation is done three times with a score obtained 87.5% this shows the product is included in the category of "very good". From the results of the assessment of biology subjects of class X obtained a percentage of 91.67% which falls into the category "Excellent". As well as the results of student perception analysis showed a percentage of 82.50% in small groups and large groups obtained a percentage of 84.94% with the category "Very Good". Thus, the Powtoon animation developed has been worthy of use as a learning medium on Monera material.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran, Animasi Powtoon, 4D (Four-D), Monera. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Febrina |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 04:09 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 04:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |