PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMPN 18 KOTA JAMBI SELAMA PANDEMI

Putra, Ramanda (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMPN 18 KOTA JAMBI SELAMA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (746kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa pemerintah untuk menutup kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah dan menerapkan pembelajaran daring sebagai alternatif. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi menggunakan angket pada 30 siswa kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi terdapat fakta bahwa, 15 siswa atau 50% memiliki minat belajar yang tergolong rendah khususnya pada mata pelajaran IPS. Lalu masih terdapat sebanyak 50% dari 30 siswa yang penerapan pembelajaran daringnya tergolong kurang baik. Begitupula dengan perhatian orang tua siswa selama masa pandemi tergolong rendah dengan persentase 60% dari 30 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara: 1) Pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. 2) Perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa. 3) Pembelajaran daring dan perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Responden dalam penelitian ini sebanyak 158 siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) selama pembelajaran daring diterapkan di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Pengujian analisis menggunakan uji persyaratan analisis, uji asumsi regresi, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Variabel pembelajaran daring (X1) memperoleh nilai thitung sebesar 14,453 > ttabel sebesar 1,654 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Variabel perhatian orang tua (X2) memperoleh nilai thitung sebesar 12,653 > ttabel sebesar 1,654 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Hasil koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,676. Hal ini berarti bahwa pengaruh pembelajaran daring (X1) dan perhatian orang tua (X2) terhadap minat belajar IPS (Y) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi sebesar 67,6% dan 32,4% sisanya dipengaruhi variabel lain. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran daring berpengaruh terhadap minat belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi selama pandemi. 2) Perhatian orang tua berpengaruh terhadap minat belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi selama pandemi. 3) Pembelajaran daring dan perhatian orang tua berpengaruh terhadap minat belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi selama pandemi. The Covid-19 pandemic has forced the government to close face-to-face teaching and learning activities in schools and apply online learning as an alternative. However, based on the results of observations using a questionnaire on 30 class VIII students of SMP N 18 Jambi City, there is a fact that 15 students or 50% have low interest in learning, especially in social studies subjects. Then there are still as many as 50% of the 30 students whose application of online learning is not good. Likewise, the attention of parents during the pandemic is relatively low with a percentage of 60% of 30 students. This study aims to describe the effect of: 1) online learning on students' interest in learning. 2) Parents' attention to students' interest in learning. 3) Online learning and parents' attention to students' interest in learning. This research is a quantitative research with Ex-post facto method. Respondents in this study were 158 class VIII students in Social Sciences (IPS) subjects while online learning was applied at SMP Negeri 18 Jambi City. Testing the analysis using analysis requirements test, regression assumption test, multiple regression analysis and hypothesis testing. The results showed that: 1) The online learning variable (X1) obtained a tcount of 14,453 > ttable of 1,654 with a significance value of 0.000 <0.05. 2) The parental attention variable (X2) obtained a tcount of 12,653 > ttable of 1,654 with a significance value of 0.000 <0.05. 3) The coefficient of determination (R Square) is 0.676. This means that the effect of online learning (X1) and parental attention (X2) on social studies learning interest (Y) in class VIII SMP Negeri 18 Jambi City is 67.6% and the remaining 32.4% is influenced by other variables. The conclusions of this study are: 1) Online learning has an effect on interest in social studies learning for class VIII SMP Negeri 18 Jambi City during the pandemic. 2) Parents' attention has an effect on interest in learning social studies for grade VIII SMP Negeri 18 Jambi City during the pandemic. 3) Online learning and parental attention have an effect on interest in social studies learning for class VIII SMP Negeri 18 Jambi City during the pandemic.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Pembelajaran Daring, Perhatian Orang Tua
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: PUTRA
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:24
Last Modified: 20 Jan 2022 07:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30631

Actions (login required)

View Item View Item