Yulaila, Novi (2022) ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER (2).pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (330kB) |
Abstract
ABSTRAK Yulaila, Novi. 2021. Analisis Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Siswa Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial M. Ed., Ph. D (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana karakteristik kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa dan faktor yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa dengan rumusan masalah : 1) Bagaimana karakteristik kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa kelas V SDN 121/ I Muara Singoan? 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa kelas V SDN 121/ I Muara Singoan? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kritis. Data yang diperlukan berupa teks deskripsi mengenai bagaimana karakteristik kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa dan faktor yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa, yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara dari sumber data yaitu siswa (N Z dan I A), guru kelas, teman sebaya dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua siswa kelas V memiliki kecerdasan interpersonal dan intrapersonal yang kurang. Hal ini ini ditunjukkan dengan adanya karakteristik kedua siswa masih belum sesuai dengan aspek karakteristik anak yang memiliki kecerdasan interpersonal dan intrapersonal yang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal dan intrapersonal kedua siswa tersebut berasal dari lingkungan keluarga, teman sebaya (lingkungan pergaulan), dan sekolah, nutrisi, depresi dan kritik internal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Yulaila |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 06:47 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |