ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Yulaila, Novi (2022) ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER (2).pdf

Download (200kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (330kB)

Abstract

ABSTRAK Yulaila, Novi. 2021. Analisis Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Siswa Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial M. Ed., Ph. D (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana karakteristik kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa dan faktor yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa dengan rumusan masalah : 1) Bagaimana karakteristik kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa kelas V SDN 121/ I Muara Singoan? 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa kelas V SDN 121/ I Muara Singoan? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kritis. Data yang diperlukan berupa teks deskripsi mengenai bagaimana karakteristik kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa dan faktor yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa, yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara dari sumber data yaitu siswa (N Z dan I A), guru kelas, teman sebaya dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua siswa kelas V memiliki kecerdasan interpersonal dan intrapersonal yang kurang. Hal ini ini ditunjukkan dengan adanya karakteristik kedua siswa masih belum sesuai dengan aspek karakteristik anak yang memiliki kecerdasan interpersonal dan intrapersonal yang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal dan intrapersonal kedua siswa tersebut berasal dari lingkungan keluarga, teman sebaya (lingkungan pergaulan), dan sekolah, nutrisi, depresi dan kritik internal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Yulaila
Date Deposited: 21 Feb 2022 06:47
Last Modified: 21 Feb 2022 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31267

Actions (login required)

View Item View Item