Martines Siburian, Wilhell (2021) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT PETANI SWADAYA DI KECAMATAN MERSAM KABUPATEN BATANGHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
IMG_20220307_012115.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_WILHELL MARTINES. S.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (180kB) |
Abstract
ABSTRAK WILHELL MARTINES SIBURIAN, Analisis Efisiensi Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Petani Swadaya di Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari. Dibimbing oleh Ir. Emy Kernalis, M.P. selaku Dosen Pembimbing I dan Dr. Mirawati Yanita S.P., M.M. selaku Dosen Pembimbing II. Besarnya jumlah produksi kelapa sawit di Kecamatan Mersam memberi dampak positif terhadap kesejahteraan petani kelapa sawit. Akan tetapi besarnya produksi tidak didukung dengan harga jual dan system pemasaran yang melibatkan banyak lembaga pemasaran. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk : 1) Menggambarkan kegiatan distribusi pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit petani swadaya di Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari dan 2) Menganalisis efisiensi pemasaran Tandan Buah Segar kelapa sawit petani swadaya di Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsunng dari lapangan menggunakan metode survei dan data sekunder yang diperoleh dari instansi pemerintah Badan Pusat Statistik, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jambi, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari. Untuk menggambarkan kegiatan distribusi pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan untuk menganalisis efisiensi pemasaran TBS kelapa sawit di Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari menggunakan analisis kualitatif dengan menghitung total biaya pemasaran terhadap total nilai produk. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Distribusi pemasaran Tandan Buah Segar Kelapa Sawit (TBS) di Kecamatan Mersam terdapat tiga saluran pemasaran. Kegiatan pemasaran menggunakan akses kendaraan darat. 2) Berdasarkan nilai farmer’s share dan margin pemasaran serta perhitungan indikator nilai efisiensi bahwa setiap saluran pemasaran di Kecamatan Mersam sudah efisien. Saluran pemasaran III merupakan saluran yang paling efisien. Ukuran keberhasilan kegiatan pemasaran dapat ditingkatkan dengan memperpendek saluran pemasaran dan mengurangi tingkat marjin yang terjadi antar lembaga pemasaran. Petani juga perlu membangun sebuah kemitraan bersama lembaga pemasaran yang ada sehingga dalam proses pemasaran TBS ke pabrik petani dapat menerima bagian harga yang jauh lebih tinggi. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi, Kelapa Sawit
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | SIBURIAN |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 04:13 |
Last Modified: | 05 May 2025 05:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |