Wahyu, Wijaya (2021) Strategi Bauran Pemasaran Gula Kristal Kelapa di Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Studi Kasus pada Agroindustri “Cinta Manis”). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang diterapkan Agroindustri Cinta Manis, (2) Menganalisis tanggapan konsumen mengenai strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh agroindustri, (3) Memberikan rekomendasi strategi bauran pemasaran untuk diimplementasikan oleh agroindustri. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data dalam penelitian ini yang menggunakan data primer dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini yaitu pemilik agroindustri, dan untuk memperoleh penilaian terhadap bauran pemasaran yang diterapkan, maka ditetapkanlah konsumen sebagai informan. Penentuan informan menggunakan metode accidental dengan jumlah informan 36 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Agroindustri Cinta Manis telah menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 7P dengan baik dimana pada aspek produk (product), harga (price), tempat dan distribusi (place and distribution), orang/tenaga kerja (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence) telah berkategori baik, sedangkan aspek promosi (promotion) dalam kategori tidak baik. (2) Hasil tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran yang diterapkan secara keseluruhan belum berjalan dengan baik terutama pada aspek promotion yang berkategori tidak baik. (3) Agroindustri ini dapat mempertimbangkan tanggapan konsumen dengan menjalankan, mempertahankan dan meningkatkan kinerja pada aspek-aspek bauran pemasaran yang berkategori baik yaitu aspek people dan process, serta perlu membenahi aspek-aspek bauran pemasaran yang berkategori kurang baik meliputi aspek product, price, place and distribution, physical evidence dan aspek yang berkategori tidak baik yaitu pada aspek promotion. This study aims to (1) determine the marketing mix strategy applied by Cinta Manis Agroindustry, (2) analyze consumer responses regarding the marketing mix strategy implemented by the agroindustry, (3) provide recommendations for marketing mix strategies to be implemented by agroindustry. The type of research method used is a case study. The data in this study used primary data with qualitative descriptive analysis methods. The respondents in this study are the owners of the agro-industry, and to obtain an assessment of the applied marketing mix, consumers are designated as informants. Determination of informants using the accidental method with the number of informants 36 consumers. The results show that, (1) Cinta Manis Agroindustry has implemented a 7P marketing mix strategy well in terms of product (product), price (price), place and distribution (place and distribution), people/labor (people), process (process), and physical evidence (physical evidence) have been categorized as good, while the promotion aspect (promotion) is in the bad category. (2) The results of consumer responses to the overall applied marketing mix have not gone well, especially in the promotion aspect which is categorized as not good. (3) This agro-industry can consider consumer responses by implementing, maintaining and improving performance on aspects of the marketing mix that are categorized as good, namely the people and process aspects, and need to fix aspects of the marketing mix that are categorized as unfavorable including aspects of product, price, place. and distribution, physical evidence and aspects that are categorized as not good, namely the promotion aspect.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Gula Kristal Kelapa, Cinta Manis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Wahyu Wijaya |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 04:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |