STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN ABAD 21

Fitrah, Annisa (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN ABAD 21. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (164kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
SKRIPSI_ANNISA FITRAH_A1D118178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Fitrah, Annisa. 2022. Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M. Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran aktif melalui pendekatan saintifik dalam mewujudkan pembelajaran abad 21. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 111/I Muara Bulian pada 07 Desember 2021-24 Januari 2022. Data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi pelaksanaannya. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru kelas IV dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 111/I Muara Bulian. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam menerapkan pembelajaran aktif melalui pendekatan saintifik dalam mewujudkan pembelajaran abad 21 yaitu dengan mengimplementasikan langkah pendekatan saintifik yang meliputi 5M: kegiatan Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar dan Mengkomuniasikan serta mengintegrasikannya dengan keterampilan 4C. Dalam proses pembelajaran, kegiatan mengamati dilakukan guru dengan cara menayangkan video pembelajaran di depan kelas. kegitan ini diwujudkan dengan keterampilan kritis siswa. Kegiatan menanya yang dilakukan guru yaitu dengan memancing siswa untuk bertanya dan berpendapat. Kegiatan menanya ini diwujudkan oleh guru dan siswa dengan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Kegiatan mencoba/mengumpulkan informasi diwujudkan dengan cara membaca sumber selain buku (Internet) dan melakukan suatu aktivitas. Kegiatan ini diwujudkan dengan keterampilan kerja sama antara siswa-siswa, siswa-guru dan guru-orang tua. Kegiatan menalar/mengolah informasi diterapkan oleh guru dengan cara meminta siswa untuk menceritakan kembali informasi yang telah didapatkan pada kegiatan sebelumnya. Guru mewujudkan kegiatan ini dengan keterampilan komunikatif. Kegiatan mengkomunikasikan diwujudkan dengan keterampilan kerja sama siswa dalam kelompok pada saat mempresentasikan hasil diskusi. Pada kegiatan mengkomunikasikan ini guru mengadakan refleksi bersama-sama dengan siswa terkait dengan materi yang sudah di pelajari. Guru juga memancing siswa untuk mengemukakan pendapat di depan kelas. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran aktif melalui pendekatan saintifik dalam mewujudkan pembelajaran abad 21 telah dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan setiap unsur 5M yang diintegrasikan dengan keterampilan 4C baik yang dilakukan oleh siswa serta apa yang dilakukan oleh guru. Sebagian besar sesuai dengan indikator setiap unsur 5M dan keterampilan 4C dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Abad 21.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: FITRAH
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:07
Last Modified: 09 Mar 2022 06:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31740

Actions (login required)

View Item View Item