ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MEMVARIASIKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN KELAS V SDN 73/IX SIMPANG SUNGAI DUREN

Muharani, Suci (2022) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MEMVARIASIKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN KELAS V SDN 73/IX SIMPANG SUNGAI DUREN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (392kB)
[img] Text
SKRIPSI SUCI MUHARANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mevariasikan pembelajaran, kendala yang dialami guru dalam mevariasikan kegiatan pembelajaran, dan cara guru mengatasi kendala-kendala yang menjadi hambatan dalam memvariasikan kegiatan pembelajaran Kelas V SDN 73/IX Simpang Sungai Duren. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu kasus secara mendalam. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi berupa observasi partisipatif dan wawancara pada guru kelas V, serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variasi gaya mengajar seperti variasi suara guru memiliki intonasi tertentu, pemusatan perhatian guru melakukannya dengan sesuatu yang menarik dan unik, melakukan kesenyapan, kontak pandang dengan semua siswa saat pembelajaran, melakukan perubahan posisi saat kegiatan pembelajaran seperti berkeliling memantau siswa, mimic dan gesture dengan ekspresi wajah serta gerakan badan seperti acungan jempol. Variasi media guru mengandalkan media yang ada disekitar. Variasi interaksi dengan interaksi satu arah, dua arah dan multi arah. (2) Kendala yang menjadi hambatan guru yaitu kesulitan saat melakukan variasi kesenyapan siswa menjadi ribut, kesulitan mencari media pembelajaran yang bervariasi, karakteristik siswa yang berbeda-beda, serta kurangnya sarana dan prasarana dari sekolah. (3) Cara guru dalam mengatasi kendala yakni memberi nasehat dan teguran, mencari media pembelajaran dan penambahan materi pembelajaran melalui internet, memahami kondisi peserta didik, mengikuti pelatihan-pelatihan seminar, KKG, Diklat, serta bertukar pikiran antara guru-guru. Simpulan dari penelitian ini adalah guru telah melakukan variasi gaya mengajar, variasi media dan variasi interaksi. Namun, guru mengalami kendala didalam melakukan variasi pembelajaran. Kendala tersebut dapat diatasi oleh guru yang mengalami kendala ketika melakukan variasi pembelajaran. Disarankan agar guru selalu berusaha mengembangkan keterampialn dalam variasi gaya mengajar agar dapat meminimalisir kendala-kendala yang menjadi hambatan dalam mengadakan variasi pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Guru, Variasi, Kegiatan Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Muharani
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:25
Last Modified: 14 Mar 2022 04:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31838

Actions (login required)

View Item View Item