Wila Yanti, Felty (2022) Upaya Guru dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1/IV Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi untuk mendeskripsikan segala bentuk upaya yang dilakukan oleh subjek yaitu guru kelas IC, guru kelas VB, dan guru PJOK dengan mengumpulkan data melalui teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas data yaitu Triangulasi Teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa. Pertama, guru mengembangkan situasi dan kondisi siswa yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya dengan mengusahakan dukungan psikologis dan fisik melalui penyediaan sarana prasarana, membimbing siswa melakukan latihan, kegiatan ekstrakurikuler, memberikan apresiasi kepada siswa, serta bekerja sama dengan orang tua siswa. Kedua, guru mengembangkan motif berprestasi tinggi dalam diri siswa dengan menggambarkan sebuah kompetisi kepada siswa dan menjadikan seseorang sebagai teladan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki siswa. Ketiga, guru meningkatkan kegigihan dan daya juang pada diri siswa dalam menghadapi suatu kesulitan dengan memberikan motivasi, membiasakan siswa menghadapi berbagai tantangan, serta mengikutsertakan siswa dalam perlombaan. Keempat, guru juga mengembangkan program pendidikan berdiferensiasi untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif kepada siswa yang memiliki minat dan bakat. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa ada empat langkah yang digunakan oleh guru sebagai upaya dalam mengembangkan minat dan bakat siswa agar siswa dapat menjadi siswa yang berprestasi. This study aims to describe the efforts made by teachers in developing the interests and talents of students in elementary schools. This research was conducted at SD Negeri 1/IV Jambi City in the odd semester of the 2021/2022 academic year. This study uses a qualitative approach with a phenomenological type of research to describe all forms of efforts made by the subject, namely IC class teachers, VB class teachers, and PJOK teachers by collecting data through observation techniques, interview techniques, and documentation. This study uses a data validity test, namely Triangulation Technique. The data analysis technique uses the Miles and Huberman model. The results of this study indicate that there are four efforts made by the teacher in developing students' interests and talents. First, the teacher develops student situations and conditions that provide opportunities for students to develop their interests and talents by seeking psychological and physical support through the provision of infrastructure, guiding students to do exercises, extracurricular activities, giving appreciation to students, and collaborating with parents. Second, the teacher develops high achievement motives in students by describing a competition to students and making someone an example according to the interests and talents of the students. Third, the teacher increases the students' persistence and fighting power in facing a difficulty by providing motivation, familiarizing students with various challenges, and involving students in competitions. Fourth, teachers also develop differentiated education programs to provide more effective services to students who have interests and talents. Based on the results of this study, it was concluded that there were four steps used by teachers as an effort to develop students' interests and talents so that students can become outstanding students.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | upaya guru, minat dan bakat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Yanti |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 01:57 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 01:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32336 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |